4 Cara Menjadi Nakhoda Kapal yang Perlu Dipersiapkan

0
168
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Menjadi nakhoda atau seseorang bertanggung jawab penuh di atas kapal mungkin merupakan impian bagi sebagian orang. Untuk memperoleh tanggung jawab dan jabatan tinggi tersebut juga pastinya membutuhkan waktu, tenaga serta proses yang tidak bisa dibilang singkat. Berikut adalah beberapa cara menjadi nakhoda kapal yang bisa Anda pelajari

Ini dia apa saja cara menjadi nakhoda kapal

1. Pendidikan

Salah satu yang penting untuk menjadi nakhoda kapal adalah pendidikan yang Anda tempuh. Setelah lulus dari SMA atau SMK yang juga sesuai dengan jurusan pelayaran Anda bisa melanjutkan pendidikan di sekolah tinggi khusus pelayaran atau akademi pelatihan yang juga sesuai dengan jurusan pelayaran.

Hal ini untuk mendapatkan gelar S1 karena dibutuhkan lulusan sekolah formal untuk Anda yang nantinya mencari lowongan kerja nakhoda kapal. Anda juga bisa menjadi nakhoda untuk kapal jalur pedalaman atau kapal persediaan. Kemudian usahakan untuk menaikkan pangkat Anda. Selain gelar dibidang pelayaran, Anda juga perlu memiliki gelar dibidang lain seperti teknik laut atau transportasi laut.

2. Pengalaman

Pengalaman merupakan salah satu hal yang penting dibutuhkan jika ingin mendapatkan suatu pekerjaan tertentu, termasuk menjadi nakhoda. Cobalah untuk mencari pengalaman kerja secara langsung di kapal. Untuk menjadi nakhoda, minimal pengalaman kerja yang sudah Anda lakukan adalah memiliki jam terbang 360 hari berlayar dalam 5 tahun. Anda bisa memulainya dari bagian pembantu atau kelasi di kapal. Pengalaman selama kurang lebih 3 sampai 4 tahun dibutuhkan agar bisa menjadi nakhoda profesional.

3. Surat perizinan

Agar bisa berlayar sebagai seorang nakhoda maka dibutuhkan surat izin. Kemudian Anda juga membutuhkan 3 surat rekomendasi dari nakhoda lain yang sudah berpengalaman. Selanjutnya Anda harus mengikuti dan lulus tes obat-obatan dan fisik. Selain tes tersebut juga ada tes tulis yang harus dilakukan dan melunasi biaya yang dibutuhkan. Setelah semuanya sudah dilakukan dan lulus maka Anda akan mendapatkan surat mandat yang dikirim melalui email.

4. Mendapatkan pekerjaan

Untuk Anda yang baru awal mendapatkan pekerjaan sebagai seorang nakhoda mungkin akan terasa sulit. Oleh karena itu Anda juga perlu mencari relasi atau teman saat pelatihan atau saat mencari pengalaman. Anda juga bisa mencoba menghubungi beberapa perusahaan maritim.

Misalnya bertanya pada nakhoda lain apakah ada lowongan kerja pelaut kapal yang sedang dibutuhkan. Sedangkan untuk mempertahankan profesi dan jabatan Anda sebagai seorang nakhoda, Anda bisa melanjutkan pendidikan yang lebih lanjut di akademi maritim.

Demikianlah artikel mengenai cara menjadi nakhoda kapal yang mungkin berguna untuk Anda yang ingin berprofesi sebagai nakhoda kapal.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here