Thursday, July 18, 2024
HomeInfo PelautBagaimana Cara Membuat Buku Pelaut di Tahun 2023?

Bagaimana Cara Membuat Buku Pelaut di Tahun 2023?

Berikan Rating Sekarang

Buku pelaut merupakan dokumen resmi negara yang sangat wajib dimiliki oleh seorang pelaut. Sebab, tertera identitas pelaut, catatan khusus dan catatan kesehatan pemilik buku, daftar ijazah serta pengalaman berlayar.

Hebatnya, sekarang buku ini bisa diakses secara online dimana Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Berikut penjelasan detail bagaimana cara membuatnya di tahun 2023.

Syarat dan panduan membuat buku pelaut secara online terbaru 2023

  1. Persiapan

Buku profesi pelaut konvensional harus ganti dengan yang baru saat halaman perpanjangannya sudah habis. Proses penggantian ini dilakukan secara online. Beberapa hal yang harus Anda siapkan di antaranya yaitu koneksi internet, smartphone atau laptop, kode pelaut, tanggal lahir Anda, email yang masih aktif serta kata sandi.

  1. Langkah Membuat Akun

Sebelum itu, pastikan Anda sudah tahu kode pelaut yang bisa dilihat di nomor sertifikat bagian kanan atas pada BST. Biasanya kode ini berjumlah 10 digit dan diawali dengan angka 62 untuk pelaut Indonesia. Untuk membuat akun pelaut, bisa mengikuti langkah berikut.

  • Log in ke laman dokumenpelaut.dephub.go.id/pelaut/login
  • Pilih opsi Buat Akun.
  • Muncul daftar isian, silakan diisi semua sesuai permintaan.
  • Cantumkan kode pelaut Anda.
  • Lengkapi tanggal lahir, no HP dan email.
  • Tulis username yang Anda inginkan lengkap dengan kata sandi.
  • Tekan button REGISTER.
  • Proses berhasil, lanjut untuk verifikasi akun.
  • Masuk ke email yang didaftarkan tadi. Carilah kotak masuk dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  • Klik tombol Verifikasi.
  • Setelah selesai, cobalah log in ke akun Anda dengan memasukkan username dan password.
  • Akan muncul tampilan dashboard buku pelaut, silakan scroll ke bawah.
  • Klik tombol Download Panduan Penggunaan Buku Pelaut Online.
  • Proses pembuatan akun sudah selesai dan  sudah dapat dipergunakan.
  1. Proses Pembuatan Buku Baru dan Perpanjangan

Bagi Anda yang ingin membuat buku baru untuk job pelaut maupun perpanjangan, maka setelah log in ke website buku pelaut tadi, pilih opsi PERMOHONAN. Muncul tiga step yang untuk diikuti yaitu identitas pelaut, ijazah/sertifikat dan cetak.

a. Identitas Pelaut

Isilah semua kolom yang diminta mulai dari kode pelaut, nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, kebangsaan serta jenis kelamin. Kode pelaut harus lengkap, tidak boleh ketinggalan satu digit pun. Isi juga warna rambut dan mata, tinggi badan, gol. darah serta alamat lengkap. Tekan tombol NEXT.

b. Sertifikat atau Ijazah

Lengkapi data ijazah dan sertifikat lengkap dengan nomornya saat melamar lowker pelaut. Masukkan juga data tanggal dan tempat ijazah maupun sertifikat tersebut saat diterbitkan. Cek kembali semua nomor yang diisi, setelah itu klik button NEXT.

c. Cetak

Step ini, Anda akan diminta memilih syahbandar sebagai tempat pencetakan buku pelaut. Pilih sesuai alamat terdekat agar lebih memudahkan. Tulis CAPTCHA dengan benar hingga muncul tanda centang. Tekan button Selesai. Kemudian, untuk proses pencetakan buku pelaut silakan datang ke Syahbandar secara langsung guna membuat jadwalnya.

Itulah beberapa informasi yang harus diketahui tentang buku pelaut, dimana harus dilakukan perpanjangan saat masa berlaku sudah berakhir. Penting untuk diingat username dan kata sandi yang digunakan saat log in. Bahkan bila perlu Anda mencatatnya supaya tidak lupa dikemudian hari.

Berikan Penilaian Artikel:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments