Hindari Pemalsuan Ini Dia Cara Cek Sertifikat Pelaut Online

0
77
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sertifikat pelaut wajib dicek untuk dilihat keaslian dan juga valid tidaknya. Namun banyak yang menganggap bahwa cara ini sangat rumit, nyatanya tidak seperti itu bahkan pengecekannya bisa dilakukan secara online. Maka dari itu pentingnya mengetahui cara cek sertifikat pelaut online yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Langkah cara cek sertifikat pelaut online

1. Menggunakan Website

Sertifikat dibutuhkan penting untuk persyaratan kerja pelaut. Dimana sertifikat ini akan menampilkan keahlian dari pemiliknya tanpa harus bercerita panjang lebar di dalamnya. Sehingga pentingnya mengecek kevalidan sertifikat yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas diri dalam melamar pekerjaan.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi website resminya, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka situs web pelaut.dephub..go.id

Ketikan alamat website pelaut.dephub.go.id ke dalam browser yang akan digunakan. Pastikan Anda tersambung dengan internet dengan koneksi yang baik dan lancar untuk memudahkan prosesnya.

  • Masukkan nomor seri sertifikat

Masukkan dengan hati-hati nomor seri yang ada pada sertifikat yang Anda miliki dengan pelan-pelan dan cermat agar tidak terjadi kesalahan dalam penginputan.

  • Input Captcha

Masukkan kode yang ada di laman tersebut. Jangan lupa perhatikan angka atau huruf besar dan kecil yang digunakan dan harus disesuaikan dengan aslinya. Jangan sampai salah karena harus diulang lagi dan mendapatkan captcha yang baru.

  • Klik icon pencarian

Laman ini akan loading sebentar lalu akan menampilkan data diri pemilik sertifikat serta keahlian yang dimilikinya dengan lengkap.

2. Menggunakan Barcode

Sebelum melamar di lowongan kerja pelaut yang disediakan maka diperlukan pengecekan terhadap sertifikat yang dimiliki. Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan barcode yang ada.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum mengecek sertifikatnya:

  • Unduh aplikasi pengecekan sertifikat di play store. Aplikasi ini bisa didownload dengan gratis asalkan tetap terkoneksi dengan layanan internet.
  • Scan barcode yang ada pada sertifikat Anda. Pastikan cahaya yang digunakan cukup terang dan jangan menggunakan flash karena akan membuat barcode susah untuk terbaca. Lebih baik dilakukan pada siang hari dengan cahaya ruang.
  • Klik link yang sudah terlampirkan setelah barcode dimasukkan. Jangan dialihkan pada tombol atau halaman yang lain.
  • Tunggu laman loading sebentar dan informasi yang Anda inginkan akan muncul kemudian.

Yang menjadi kekurangan dari barcode ini adalah keakuratan data yang dihasilkan terkadang kurang bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini bisa diakibatkan karena barcode yang rusak atau kotor sehingga mempengaruhi hasil pencarian datanya. Maka dari itu pentingnya menjaga dan menyimpan sertifikat penting ini menggunakan map atau tempat yang jauh dari api ataupun air.

Itulah cara cek sertifikat pelaut online yang bisa dipilih untuk mengecek kevalidan sertifikat yang dimiliki. Jika sertifikat sudah terbukti valid maka ketika menggunakannya untuk melamar kerja menjadi lebih percaya diri dan lebih mungkin untuk diterima.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here