Inilah Manfaat BST yang Harus Diketahui Oleh Semua Pelaut

0
393
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Manfaat BST selama ini mungkin tidak disadari oleh awak kapal, padahal bila ditilik lebih lanjut banyak sekali manfaat yang akan diterima awak kapal dari kepemilikan BST-nya. Karena manfaatnya yang sangat besar, pemerintah bahkan mengukuhkan pentingnya memiliki sertifikat BST melalui undang-undang kelautan.

Seorang awak kapal harus memiliki BST sebagai pegangan keselamatan saat berada di atas kapal. Karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja, baik disengaja atau tidak disengaja. Dengan adanya BST, setidaknya awak kapal bisa menghindari kecelakaan karena kecerobohannya sendiri.

BST juga berfungsi sebagai dokumen penting yang mempermudah jalan Anda untuk bekerja di perusahaan pelayaran selain harus memiliki buku pelaut.

Apa Saja Manfaat BST?

1. Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Mencegah Kecelakaan

Sebenarnya mau bekerja di daratan, lautan maupun udara ketiganya memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Namun, resiko kecelakaan lautan jauh lebih tinggi karena menyangkut beberapa aspek:

  • Kecelakaan akibat kelalaian kerja bisa saja terjadi karena ulah awak kapal yang tidak melakukan pekerjaannya dengan baik atau sesuai SOP.
  • Kecelakaan akibat bencana alam seperti badai atau tsunami. Kecelakaan ini bisa terjadi kapan saja terutama di Indonesia yang memiliki riwayat gempa bumi tinggi.
  • Kecelakaan akibat serangan binatang buas. Meskipun jarang terjadi, tidak menutup kemungkinan jika terjadi kecelakaan akibat serangan hiu atau binatang buas lainnya. Kecelakaan yang ditimbulkan umumnya menyebabkan kapal bermasala.
  • Kecelakaan kapal akibat menabrak sesuatu tidak terkecuali kapal lainnya. Kecelakaan ini sepenuhnya bisa dihindari, maka dari itu penting sekali bagi seorang awak kapal untuk memahami apa saja fungsi BST.

Itulah resiko kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja di kapal. Seorang awak kapal harus sudah memahami semua resikonya dengan baik. Sehingga saat menghadapi situasinya secara nyata, bisa segera melakukan tindakan penyelamatan diri dan kru kapal lainnya.

2. Menambah Pengetahuan

Selain meningkatkan kesadaran awak kapal, diklat BST juga diharapkan bisa memberikan pengetahuan lebih banyak. Pengetahuan tentang pencegahan kecelakaan terutama di devisi tempatnya bekerja. Jadi sebelum ada kecelakaan kerja di bagian deck atau mesin, awak kapal bisa melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu.

3. Meningkatkan Moral Karyawan dan Perusahaan

Tujuan BST lainnya adalah meningkatkan moral kedua belah pihak baik itu karyawan maupun perusahaan. Karyawan bisa membekali diri dengan edukasi keselamatan sementara perusahaan bisa menghindari diri dari resiko kerugian akibat kecelakaan kerja.

Penting sekali memiliki BST, bukan hanya sekedar sebagai pegangan untuk daftar lowker ABK pelaut saja tapi juga penting untuk pengetahuan tambahan di kapal. Setidaknya ketika terjadi kecelakaan kerja pun, awak kapal bisa segera mengambil tindakan. Bukannya, takut atau justru panic.

Itulah sejumlah manfaat BST yang sewajarnya dipahami dan diaplikasikan oleh peserta atau awak kapal. Karena berbeda dari daratan, saat terjadi kecelakaan di laut, sulit untuk mendapatkan bantuan yang cepat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here