Jangan Lupa Lakukan Medical Checkup Pelaut Sebelum Melamar Pekerjaan

0
288
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Medical checkup Pelaut sering dijadikan sebuah persyaratan dalam menjalani sebuah kondisi atau pada saat hendak menjalankan suatu pekerjaan tertentu, terlebih lagi untuk bergabung dalam sebuah perusahaan pelayaran di Indonesia. Untuk itu, seorang pelaut dibutuhkan sebuah surat keterangan dari petugas kesehatan atau dokter setempat mengenai hasil kesehatan orang tersebut.

Untuk mendapatkan sertifikat medical check up itu, beberapa Rumah Sakit atau klinik sudah ada yang bisa mengeluarkannya berdasarkan standar perhubungan yang berlaku. Sudah ada kurang lebih 79 rumah sakit ataupun klinik yang menyediakannya hingga kini.

Bentuk Surat Keterangan Kesehatan Terkini Pelaut

Bentuk surat atau sertifikat yang dikeluarkan beberapa rumah sakit atau klinik tersebut harus berdasarkan standar Perla.  Dan medical check up pun dapat dilakukan di BKKU.

Tes kesehatan pelaut memang sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para pekerja laut tersebut, agar tidak menjadi fatal dikemudian hari pada saat bekerja di atas kapal. Maka itu, beberapa perusahaan pelayaran sudah pasti menerapkan bukti surat kesehatan sebagai salah satu persyaratan dalam melamar pekerjaan dan bergabung dalam perusahaan tersebut.  Ada beberapa bentuk dan jenis surat keterangan kesehatan yang perlu kita ketahui dengan tampilan baru, yaitu antara lain dengan bentuk posisi portrait dengan lambang Garuda di sebelah kiri pojok atas.

Persayaratan melakukan Medical Checkup Pelaut

Untuk mendapatkan sertifikat kesehatan tentunya harus melalui MCU terlebih dulu. Untuk bisa melakukan MCU kita harus tahu dan melaksanakan beberapa persyaratan. Adapun persyaratan yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Sertifikat BST

BST merupakan sertifikat wajib yang memang harus dimiliki oleh seorang pelaut sebagai bukti hasil pelatihan dan keselamatan yang telah diakukannya. Oleh karena itu, juga dimasukkan sebagai salah satu syarat untuk melakukan MCU.

2. Kartu Identitas

Salah satu syarat utama lainnya dan juga merupakan satu faktor penting dalam melakukan apapun adalah kartu identitas, dalam hal ini kartu identitas yang dimaksud adalah KTP. Untuk mengetahui data dan identitas si pemeriksa secara detail tentunya.

3. Berpuasa

Dalam melakukan tes yang berhubungan dengan kesehatan atau medical checkup syarat penting lainnya adalah melakukan puasa sebelum melakukan serangkaian tes. Tujuannya berfungsi terhadap salah satu hasil tesnya nanti.

4. Foto

Syarat terakhir yang dimasukkan dalam dokumen yang harus dipenuhi adalah foto pemeriksa. Foto yang dibutuhkan adalah sejenis pas foto berwarna yang berukuran 3×4.

Setelah semua persyaratan terpenuhi barulah si calon pekerja data melakukan tes MCU di tempat yang sudah ditentukan. Hal ini bisa Anda lakukan untuk melengkapi persyaratan dalam menjalani serangkaian tes untuk lowongan ABK pelaut atau lowongan pekerja di perusahaan pelayaran. Karena itulah penting untuk melakukan tes ini sebelum melamar pekerjaan jika Anda memang ingin bekerja menjadi pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here