Macam-Macam Tugas Deck Department Penting Bagi Pelaut

0
416
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Tugas deck department tentunya memiliki beberapa perbedaan dengan tugas yang dilakukan oleh crew engine. Sebagai seorang calon pelaut, Anda sudah harus memahami pembagian tugas tersebut. Sehingga saat mengemban tugas yang diberikan, Anda bisa menjalankannya dengan sebaik mungkin.

Inilah 7 Tugas Dect Department yang Penting Diketahui Bagi Pelaut

Pada sebuah kapal dibagi dua devisi atau departemen yakni bagian engine serta deck department. Anda yang berminat untuk bekerja di deck department, pahami tugas masing-masing anggotanya berikut ini:

1. Nahkoda Atau Kapten

Dari sekian banyak awak kapal, Anda mungkin paling familiar dengan sang kapten atau nahkota. Selain bertanggung jawab dengan awak kapal dan seluruh isinya, ternyata nahkoda juga memiliki tanggung jawab yang berat terhadap perusahaan.

Kemungkinan besar karena jabatan kapten atau nahkoda merupakan jabatan tertinggi. Selain memiliki pengetahuan yang baik seputar ilmu kelautan, seorang kapten juga harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi.

2. Chief Officer

Di bawah kapten, ada chief officer yang sehari-harinya memiliki tanggung jawab melakukan bongkar muat kapal dan mengontrol stabilitas kapal. Chief officer juga dikenal sebagai kepala kerja yang mengepalai deck department.

Semua urusan yang terjadi di deck department terutama tentang pekerjaan, dikontrol sepenuhnya oleh chief officer.

3. Second Officer

Tanggung jawab pelaut bukan sekedar menjalankan kapal saja. Faktanya, seorang pelaut juga wajib memiliki keterampilan medis maupun navigasi. Keduanya menjadi tanggung jawab pokok seorang second officer.

4. Third Officer

Di bawah second officer adalah mualim III atau yang lebih populer dengan nama third officer. Seorang third officer dituntut untuk memiliki kecakapan dalam bidang administrasi.

Selain mahir hitung-hitungan, third officer juga bertanggung jawab mengawasi peralatan keselamatan kapal. Saat berada di atas kapal, perlengkapan keselamatan seperti skoci, life jacket dan life boy harus selalu ada.

5. Bosun

Tugas pelaut yang diemban oleh seorang bosun lebih kepada tugas fisik. Bosun akan mendapatkan tugas harian yang diberikan chief officer untuk melakukan pekerjaan tertentu seperti membersihkan kapal dan pengadaan barang-barang kerja. Awak kapal yang membutuhkan gerindra, cat, kuat atau bahkan safety googles bisa memintanya dari seorang bosun.

6. Juru Mudi

Sebagaimana namanya, tugas juru mudi tidak lain untuk mengemudikan kapal. Karena terbilang cukup berat, tugas ini dibantu oleh bosun. Selain mengemudikan kapal, seorang juru mudi juga harus aktif dalam membantu menjaga kebersihan deck kapal.

7. Kelasi

Saat menemukan lowongan pelaut untuk mengisi posisi kelasi. Anda sudah harus memahami jika tugas utama kelasi adalah untuk membantu pekerjaan bosun terutama untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti membersihkan kapal, mengetok dan lainnya.

Meskipun pekerjaannya terbilang sepele, tanpa kehadiran kelasi kondisi kapal tidak akan tenteram dan nyaman. Mengingat masing-masing awak kapal memiliki tugasnya masing-masing.

Dan itulah daftar tugas deck department. Setelah mengetahui macam-macam tugasnya, Anda semakin bersemangat bukan untuk menjadi seorang pelaut?

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here