Pelajari Alasan Serta Syarat untuk Mendapatkan Ijazah Radar ARPA

0
120
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Ijazah radar ARPA merupakan sertifikat penting yang sudah sewajarnya dimiliki oleh pelaut terutama mereka yang bekerja di bagian deck. Yang dimaksud dengan ijazah radar adalah ijazah yang diberikan oleh seorang pelaut yang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan alat navigasi.

Sementara ijazah ARPA bisa didefinisikan sebagai ijazah yang menyatakan seorang pelaut memiliki keterampilan dalam mengolah data yang diberikan oleh radar kapal. Mendapatkan ijazah radar atau ARPA bukan hal yang mudah seorang pelaut harus memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Syarat untuk Mendapatkan Ijazah Radar ARPA

Anda yang sudah dinyatakan lulus dari study pelayaran dan ingin memiliki ijazah atau sertifikat radar ARPA wajib melengkapi berkas persyaratan berikut ini:

1. Sertifikat Pendukung

Untuk mendapatkan sertifikat ini, Anda wajib menyertai beberapa sertifikat lain yakni sertifikat keahlian. Ada pun jenis-jenis sertifikat yang dibutuhkan di antaranya sertifikat Ahli Teknika Tingkat (ATT) atau Ahli Nautika Tingkat (ANT).

Jangan lupa untuk menyertai surat sertifikat Kepelautan Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan (ANKAPIN). Atau bisa juga ATKAPIN (Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan).

2. Surat Keterangan Masa Berlayar

Sama seperti membuat buku pelaut baru, membuat sertifikat ARPA juga dibutuhkan surat keterangan masa berlayar. Surat ini harus disetujui dan diketahui oleh syahbandar maupun KBRI hanya jika Anda sudah pernah berlayar di kapal perusahaan sebelumnya.

3. Surat Keterangan Kesehatan

Awak kapal harus memiliki fisik dan mental yang sehat, buktikan dengan menyertai surat keterangan kesehatan. Surat kesehatan yang dikumpulkan diterima hanya jika Anda memperolehnya dari dokter rumah sakit tertentu yang telah direkomendasikan.

4. SKCK

Sertai SKCK yang masih aktif, bila belum memilikinya bisa dibuat di kantor kepolisian terdekat.

5. Foto Copy Data Diri

Lengkapi berkas syarat ijazah radar dengan memfoto copy identitas pribadi seperti KTP aktif atau Fotokopi akte kelahiran.

6. Pas Foto

Buat foto terbaru dengan mengenakan pakaian lengan panjang disertai dasi hitam. Pakaiannya harus berwarna putih dan tanpa motif. Untuk pemilihan backgroundnya, jangan buat selain yang berwarna biru.

Foto yang dicetak harus berukuran 3×4 dan 5×5, masing-masing foto dikumpulkan 3 lembar.

Mengapa Harus Membuat Sertifikat Radar ARPA?

1. Menambah Pengetahuan Tentang Pengoperasian Radar

Sebelum mengajukan lamaran di lowker pelaut, ada baiknya jika Anda membekali diri dengan sertifikat ini. Sertifikat ini akan membantu menambah ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan penuh dengan pengoperasian radar.

Bagaimana cara mengelola data radar, bagaimana cara mengoperasikan peralatan dan merawatnya akan Anda pelajari di sini.

2. Dapat Mengambil Keputusan Tepat Disaat Genting

Tujuan lain adalah untuk mempermudah awak kapal saat harus mengambil keputusan terutama diwaktu yang sangat genting. Sehingga pelayaran bisa dijalankan dengan nyaman dan aman.

Itulah syarat dan tujuan membuat ijazah radar ARPA yang masih sering disepelekan oleh beberapa calon awak kapal. Padahal fungsinya sangat penting bukan sekedar penambah sertifikat saja.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here