Pelajari Besarnya Biaya untuk Membuat BST agar Administrasi Lancar

0
338
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Membuat BST merupakan hal wajib yang sewajarnya dilakukan oleh tiap-tiap awak kapal. Seperti namanya, BST merupakan pedoman keselamatan yang bermanfaat untuk mengedukasi peserta akan pentingnya menjaga diri dari kecelakaan kerja.

Seorang pelaut wajib memiliki BST sebagai sertifikat dasar keterampilan. Hal ini bahkan telah tertulis di halaman undang-undang kelautan. Visi dan misinya tentu untuk menjaga keselamatan awak kapal saat bekerja di atas kapal.

Berapa Besar Biaya Membuat BST?

Sama seperti membuat sertifikat keahlian atau keterampilan lainnya. Membuat sertifikat BST juga membutuhkan biaya tertentu. Berikut ini rincian biaya yang harus dibayarkan:

1. Biaya Diklat

Saat membuat sertifikat ini, seorang pelaut harus bersedia menjelajahi diklat. Diklat tersebut terbagi menjadi dua yakni praktek dan teori. Masa diklat minimal 8 hari dan maksimal 10 hari.

Kelas teori berlangsung lebih lama yakni selama 8 hari, sementara untuk prakteknya lebih singkat hanya 2 hari saja.

2. Biaya Makan

Saat melakukan diklat, seorang pelaut akan menjalani proses pembelajaran teori-teori tentang keamanan di kapal mulai dari pukul 08.00 WIB -16.00 WIB. Di masa pembelajaran tersebut, ada waktu istirahat yang diberikan.

Saat istirahat, Anda akan diberikan jatah makanan. Jatah makanan ini tidak gratis, karena sudah termasuk dalam biaya buat BST. Selama melakukan diklat ini, Anda tidak perlu khawatir merasa kelaparan atau repot membuat bekal sendiri.

3. Biaya Pencetakan Ijazah

Rincian biaya terakhir adalah biaya pencetakan ijazah. Jadi setelah proses diklat berakhir, Anda hanya perlu menunggu sertifikat BST-nya jadi. Bila melihat dari pengalaman sebelumnya, pengambilan ijazah BST hanya bisa dilakukan 2 minggu setelah diklat berakhir.

Itulah tiga rincian biaya yang harus Anda penuhi saat membuat sertifikat BST untuk cara membuat BST alurnya bisa Anda temukan di internet.

Pada umumnya, masing-masing balai diklat mematok harga yang berbeda. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa menyiapkan dana mulai dari Rp. 1.2 juta- Rp. 1.5 juta.

Akan lebih baik bila menyiapkan dana lebih banyak untuk menutupi kebutuhan tidak terduga. Proses pembayaran biaya diklat ini bisa dilakukan secara online. Jadi saat pergi ke balai diklat, Anda hanya perlu membawa struk pembayarannya saja.

Membuat sertifikat BST bisa menjadi salah satu persyaratan lowongan pelaut. Agar Anda bisa ikut mendaftar dan segera mendapatkan pekerjaan, tidak ada salahnya untuk ikut kelompok diklat.

Pembuatan BST per kelasnya sangat terbatas, tidak boleh lebih dari 40 orang. Jadi saat ada kesempatan dan uangnya, segera daftarkan nama Anda. Jangan hanya berdiam diri, Anda harus mengambil kesempatan yang ada.

Bagaimana pun juga melakukan diklat BST jauh lebih singkat bila dibandingkan lamanya proses pembelajaran yang Anda lakukan di sekolah pelayaran. Anda tentu tidak ingin ketinggalan start dari para junior, bukan?

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here