Segera Cek 6 Tips Menjadi Pelaut Sukses Berikut Ini

0
67
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Tips menjadi pelaut sukses sangat penting diketahui bagi seseorang yang berprofesi pelaut dan ingin sukses. Pekerjaan menjadi pelaut bukan sesuatu yang mudah sehingga butuh mental yang kuat. Apalagi jika mendapat bidang pekerjaan dengan lebih banyak jam kerja dibandingkan jam istirahat. Dengan kondisi yang keras ini, berikut ada 6 tips yang harus dimiliki jika ingin menjadi pelaut yang sukses.

Ini dia tips menjadi pelaut sukses

1. Punya mental kuat

Sebagai seorang pelaut harus punya mental kuat sebab bisa berbulan-bulan berada di laut tanpa pulang ke rumah, otomatis  lama tidak berjumpa dengan keluarga. Profesi pelaut menggunakan sistem kontrak ada yang 6 bulan atau juga sekitar 9 bulan. Sebelum melamar lowongan kerja pelaut, harus ketahui hal ini dulu sehingga perlu siapkan mental. Jika tidak punya mental kuat, maka tidak bisa fokus pada pekerjaan dan tidak semangat.

2. Ketahui tugas dan kewajiban

Profesi di kapal disusun dalam struktur organisasi dimana yang dipegang jabatan tertinggi oleh kapten. Selanjutnya ada departemen  dek, departemen pelayan, departemen radio dan departemen mesin.

3. Menyiapkan Berbagai Dokumen

Untuk menjadi pelaut tentunya dibutuhkan sertifikat pelaut dan berbagai dokumen penting lainnya. Dokumen harus valid sehingga bisa diterima menjadi pelaut yang sah. Pelaut juga harus mengikuti sertifikasi, kursus atau sekolah formal jika benar-benar ingin menjadi pelaut.

4. Menguasai Bahasa Asing

Bahasa inggris menjadi bahasa yang wajib dikuasai oleh para pelaut, ini juga berguna agar dapat berinteraksi dan bersaing dengan pelaut asing. Jika ingin melamar di perusahaan asing maka harus bisa bahasa Inggris sebab nanti akan diberikan tes terlebih dulu. Berupa maritime English CES test, marlins test atau juga bisa melakukan interviu secara langsung menggunakan Skype. Semua kegiatan ini dilakukan menggunakan bahasa Inggris.

5. Perbanyak Relasi

Untuk menjadi pelaut juga sangat penting membangun relasi yang baik dengan orang lain, dengan rekan kerja atau dengan atasan. Relasi sangat penting apalagi di laut tidak ada keluarga yang akan membantu jika ada masalah, di sinilah relasi sangat diperlukan. Selain itu, jika ada info terbaru tentang job pelaut terbaru bisa diketahui lebih cepat. Jangan lupa gabung ke grup komunitas pelaut Indonesia.

6. Tidak mudah putus asa

Setelah memiliki semua hal di atas, maka mulailah buat cv yang menarik, singkat, padat dan jelas sehingga pihak administrasi kapal tertarik. Lamaran boleh dikirim ke email dan juga bisa mengunjungi perusahaan secara langsung. Jangan lewatkan proses seleksi yang telah ditetapkan. Di sini calon pelaut jangan mudah percaya kepada orang lain khususnya calo yang menjanjikan jabatan tinggi. Lakukan saja apa yang harus dilakukan.

Inilah adalah 6 tips menjadi pelaut sukses penting terutama bagi yang pertama kali akan masuk ke dunia pelaut. Selamat berjuang.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here