Tips Pelaut Sukses Bekerja di Indonesia atau Kapal Asing

0
58
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Tips pelaut sukses bekerja di Indonesia atau kapal asing dibutuhkan oleh setiap pelaut terutama mereka yang baru terjun pertama kali di bidang ini. Karena menjadi seorang pelaut bukan hanya tentang gaji besar saja, ada banyak risiko dan pengorbanan. Seperti mengorbankan hubungan sosial, hubungan kekeluargaan bahkan mengorbankan kepentingannya sendiri.

Tips pelaut sukses bekerja di Indonesia atau kapal asing

Beberapa pelaut terkadang menyepelekan profesi ini dan yang mereka pikirkan hanya gaji tinggi dan kemapanan hidup saja. Padahal profesi pelaut jauh lebih sulit dari itu, ada tanggung jawab besar yang diemban.

Ironisnya, semakin ke sini semakin mudah saja menjadi seorang pelaut. Cukup penuhi persyaratan administrasi dengan memiliki buku pelaut dan BST. Padahal dengan memiliki dua dokumen tersebut yang Anda peroleh di atas kapal sangatlah terbatas.

Mungkin Anda akan mendapatkan gaji karena terdaftar sebagai awak kapal, tapi gaji yang didapat kurang layak. Mengingat Anda tidak memiliki keterampilan atau sertifikat pelaut sebagaimana yang dimiliki oleh pelaut terampil.

Mereka yang bermodalkan BST dan buku pelaut biasanya memiliki jabatan rendah di atas kapal. Jika memutuskan untuk berlayar di kapal asing, mungkin mendapatkan gaji lebih tinggi dengan catatan risiko yang lebih tinggi lagi.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar hidup nyaman sebagai seorang pelaut?

1. Membekali diri dengan pengetahuan

Sekolah pelayaran di Indonesia cukup banyak dan tersebar di berbagai kota. Anda bisa masuk ke sekolah formal tersebut untuk memperoleh banyak pengetahuan tentang pelayaran. Ambil banyak pengetahuan dasar hingga pengetahuan paling mendalam tentang berlayar. Dari sini, Anda bisa menentukan ingin menjadi kru mesin atau awak kapal biasa. Jika ingin menjadi bagian dari kru mesin maka ambil jurusan mesin kapal.

Bila dilakoni dengan benar dan sesuai peraturan, niscaya Anda akan mendapatkan jenjang karier yang jauh lebih baik. Jika ingin bekerja ke kapal asing pun tidak sulit karena ada bukti pendidikan yang telah Anda lakoni.

2. Membekali diri dengan sertifikat keterampilan

Menemukan lowker pelaut di tengah-tengah lowker biasa bukan perkara sulit, biasanya ketika lulus dari kampus pelayaran pun kampus akan merekomendasikan nama-nama perusahaan.

Sebelum mendaftarkan diri baiknya Anda mengikuti beberapa training terlebih dahulu. Training tidak hanya meningkatkan keterampilan Anda saja tapi berfungsi dengan baik untuk jenjang karier yang lebih baik.

Profesi seorang pelaut memiliki banyak risiko karena medan kerja yang sangat berat. Jika Anda tidak tahan ombak atau tidak bisa berenang, baiknya berpikir ulang untuk menjadi awak kapal. Karena kedua hal tersebut mutlak dikuasai oleh pelaut.

Terapkan beberapa tips pelaut sukses bekerja di Indonesia atau kapal asing di atas guna meningkatkan performa Anda selaku kru kapal. Jangan merasa puas dengan menjadi bawahan saja, cobalah untuk terus maju ke jenjang karier yang lebih tinggi. Makin tinggi pangkat Anda otomatis makin besar pula gaji dan tunjangan yang akan diperoleh.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here