5 Macam Tugas Nakhoda Kapal Dari Berbagai Sisi

0
142
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Salah satu jenis pekerjaan yang ada di kapal adalah nakhoda kapal. Nakhoda kapal atau yang banyak dengan kapten kapal. Sesuai dengan namanya, maka seorang nakhoda inilah yang akan memimpin kapal. Mulai dari arah pelayaran hingga semua yang terjadi di atas kapal adalah tanggung jawabnya. Oleh karena itu, menjadi seorang nakhoda kapal bukanlah hal yang mudah.

Nakhoda kapal selain tidak mudah, juga memiliki tanggung jawab yang besar. Bahkan tanggung jawab dari seorang nakhoda juga bisa dilihat dari berbagai sisi. Berikut adalah beberapa tugas dari seorang nakhoda kapal.

Tugas nakhoda dari berbagai sisi

  1. Tugas secara umum

Seorang nakhoda memiliki tugas untuk membawa kapal berlayar dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lainnya. Tugas tersebut juga berhubungan dengan tanggung jawab seluruh isi kapal agar tetap selamat.

Dalam hal ini nakhoda memiliki tanggung jawab untuk menjaga keselamatan pekerjanya. Misalnya jika terjadi kecelakaan pada awak kapal walaupun nakhoda tidak melihatnya tetap akan menjadi tanggung jawabnya.

Selain itu nakhoda kapal juga harus mematuhi perintah atau peraturan yang sudah ditetapkan pengusaha kapal selama masih sesuai undang-undang. Biasanya jika Anda ingin menjadi nakhoda melalui lowker pelaut, jarang dijelaskan tugas dan tanggung jawabnya. Namun kebanyakan orang yang ingin menjadi nakhoda setidaknya sudah mengerti mengenai hal ini.

2. Tugas sebagai pegawai catatan sipil

Nakhoda ternyata juga memiliki tugas jika dilihat dari pegawai catatan sipil. Nakhoda akan bertanggung jawab atau berwenang sebagai pegawai catatan sipil ketika terjadi hal di atas kapal.

Misalnya kematian atau kelahiran. Dalam hal ini nakhoda akan membuat berita acara. Nantinya nakhoda akan menyerahkan berita acara tersebut pada Kantor Catatan Sipil.

3. Tugas sebagai penegak hukum

Seorang nakhoda ternyata juga memiliki tugas untuk menjadi penegak hukum. Tanggung jawab tersebut dilakukan ketika ada tindakan atau kejadian di atas kapal. Seorang nakhoda memiliki hak untuk bertindak selaku jaksa atau polisi. Beberapa tindakan tersebut seperti menahan tersangka, membuat berita acara, menyerahkan tersangka dan mengumpulkan bukti.

4. Tugas sebagai pemimpin kapal

Tugas nakhoda kapal yang selanjutnya adalah memimpin kapal. Hal ini sudah jelas karena nakhoda adalah jabatan yang paling tinggi di atas kapal. Nakhoda akan bertanggung jawab untuk membawa kapal dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya dengan aman. Baik menjaga keamanan awak kapal dan juga barang yang ada di dalamnya.

5. Tugas sebagai pemegang kewibawaan umum

Dalam hal ini dimaksudkan bahwa setiap orang yang ada di atas kapal harus patuh dan taat pada perintah nakhoda. Jadi ketika ada yang menentang juga akan dianggap sebagai pelanggaran hukum.

Tugas nakhoda memang cukup berat dan banyak hal ini sesuai dengan beban jabatan yang dibawanya. Ketahui terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar melamar pekerjaan atau bersekolah dengan tujuan menjadi nakhoda kapal.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here