5 Strategi Jitu Pelaut Berlayar Menghindari Perompak

0
69
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Menyambangi laut dengan cuaca ekstrem sangat menantang begitu pula lautan yang berbahaya karena kontrol alih dari perompak. Sebagai seorang pelaut, Anda perlu mengetahui strategi jitu pelaut guna menghindari bentrokan dengan para perompak.

Inilah strategi jitu pelaut berlayar menghindari perompak

  1. Berlayar Malam Hari

Risiko berjumpa dengan perompak bisa datang kapan saja tanpa Anda ketahui dan prediksi. Agar terhindar dan selalu aman cobalah untuk mengubah sudut pandang. Daripada berlayar pada siang hari yang terang, kami anjurkan Anda berlayar pada malam hari.

Gelapnya malam akan menyamarkan kapal Anda sehingga tidak mudah terlihat oleh mata perompak. Berlayar pada malam hari memang sangat sulit dan berisiko besar tapi jauh lebih baik daripada bertatap muka dengan perompak kejam.

  1. Aktifkan Pompa Pemadam Kebakaran

Saat mencari loker pelaut Anda mungkin tidak akan menemukan keganjilan seperti risiko berlayar dan bertemu perompak. Ironisnya, pada beberapa negara keberadaan perompak masih ada bahkan sangat berbahaya.

Ketika sudah terlanjur terdeteksi oleh para perompak, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan pompa pemadam kebakaran. Caranya cukup dengan menggunakan pipa dan kran peluncur. Alat ini mampu menyemburkan air bertekanan tinggi ke arah perompak sehingga membuat mereka kurang fokus.

  1. Matikan Lampu

Berlayar pada malam hari saat melalui perompak memang tidak mudah namun demi menjaga keamanan dan keselamatan matikanlah lampu. Cara ini membantu Anda menghindari mata perompak.

Selain mematikan lampu biasa, Anda juga harus memadamkan lampu navigasi. Jaga pula agar suaranya tidak terlalu kencang karena selain mengecoh penglihatan, Anda juga perlu mengecoh pendengaran perompak.

  1. Tutup Komunikasi via Radio

Strategi jitu para pelaut agar terhindar dari perompak saat berlayar selanjutnya adalah menutup saluran komunikasi radio. Cara ini mungkin berisiko karena Anda tidak dapat meminta bantuan dari pemerintah. Namun membuka jalur komunikasi juga bisa membuat perompak mengetahui letak kapal Anda.

Yang paling parah, perompak bisa menyamar sebagai ABK kapal lain demi kepentingan membajak kapal Anda. Daripada radio, Anda bisa menggunakan jalur komunikasi lainnya yang jauh lebih aman.

  1. Bekali Kru dengan Senjata Berlisensi

Tips ini sebenarnya agak sulit untuk Anda lakukan karena membutuhkan izin pemerintah. Namun bila perusahaan Anda terbiasa berlayar pada medan rawan perampok maka lakukanlah. Bekali seluruh kru yang bertugas dengan senjata berlisensi.

Senjata tersebut dapat Anda gunakan untuk melindungi diri terutama saat keadaan sudah benar-benar kacau. Senjata ini hanya Anda gunakan pada saat terakhir ketika cara sebelumnya tidak berhasil.

Risiko bertemu dengan perompak tak bisa Anda hindari terutama ketika berlayar pada perairan internasional. Agar selalu aman dan selamat lindungi diri dengan protokol keselamatan. Anda juga bisa mencoba beberapa strategi jitu pelaut yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here