Penting Untuk Mengetahui Fungsi Perawatan Mesin Kapal

0
502
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sebagai seorang pelaut wajib hukumnya untuk selalu menjaga fungsi perawatan mesin kapal. Mereka wajib memastikan mesin kapal yang ditumpanginya selalu dalam kondisi yang bagus. Hal ini berkaitan dengan keselamatan seluruh anggota di atas kapal dan juga barang yang dibawanya.

Penting Untuk Mengetahui Fungsi Perawatan Mesin Kapal

  1. Menghemat waktu

Ketika seorang pelaut melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap mesin yang digunakan maka mereka bisa menghemat waktu. Memang waktunya akan dihabiskan beberapa menit bahkan jam di awal. Namun ketika sedang dalam perjalanan berlayar mereka tidak akan berhenti untuk melakukan pengecekan lagi.

Sehingga hal ini berpengaruh penting dalam meminimalisir penggunaan waktu dalam persiapan, produksi dan pelayaran. Kecepatan kapal juga akan selalu stabil dan bagus setiap harinya. Pengecekan fungsi yang baik mendukung penggunaan kapal dalam jangka panjang.

  1. Menurunkan resiko yang berkaitan dengan zero

Berikutnya ketika melakukan manfaat perawatan mesin kapal juga memberikan kegunaan pada nilai zeronya. Yang pertama adalah zero defect yang artinya adalah menurunkan sisi kerusakannya sampai nol. Kemudian ada chronic damage yang artinya terjadinya penurunan kerusakan yang kronis pada mesin sampai nol.

Selanjutnya juga ada zero breakdown tujuannya mengantisipasi adanya mesin yang tidak bisa beroperasi sampai nol. Terakhir ada yang namanya zero accident tujuannya adalah menurunkan risiko terjadinya kecelakaan kapal. Ketika semua nilainya mencapai nol maka kapal dipastikan sudah siap digunakan karena terawat dengan baik.

  1. Usia mesin

Sisi perawatan berikutnya juga memiliki manfaat krusial dalam hal usia mesinnya. Hal ini berkaitan dengan usia pembuatan dan penggunaan selama pelayaran terjadi. Perawatan pada badan dan komponen mesin ternyata bisa membuat usianya menjadi lebih panjang.

Dalam hal ini perlu dipahami juga seberapa lama kapal tersebut dibuat atau dirancang termasuk komponen mesin di dalamnya. Kemudian bandingkan dengan lamanya penggunaannya. Dengan pertimbangan yang tepat mampu membuat kapal tetap awet untuk digunakan.

  1. Keselamatan

Sebelum melamar dalam lowker pelaut tentunya membuat keselamatan manusia menjadi lebih terjamin. Hal ini erat hubungannya dengan pencegahan kecelakaan laut yang ditakutkan. Sementara itu kecelakaan yang terjadi tidak hanya mencelakakan manusia namun anggota hidup lain dalam laut.

Sehingga satu dengan lainnya tetap akan terhubung mengenai sisi keselamatannya. Terlebih ketika berlayar manusia melewati laut dan melewati semua makhluk hidup di dalamnya.

  1. Manfaatkan mesin cadangan

Dalam melakukan perawatan mesin jangan lupa untuk menyediakan mesin cadangan sebagai antisipasi maksimal. Hal ini cukup penting hubungannya dengan kenyamanan saat berlayar.

Dengan memahami beberapa hal penting dalam fungsi perawatan mesin kapal tentu memberikan hasil yang baik. Anda perlu melakukan hal ini secara berkala untuk bisa merasakan manfaat secara jangka panjang. Karena itulah setiap pelaut harus mengetahui setiap fungsi dari mesin kapal tersebut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here