Apa Itu Sertifikat Pelaut dan Apa Saja Jenisnya?

0
83
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Cek sertifikat pelaut sangat penting untuk menunjang keaslian sertifikat yang Anda dapatkan. Karena umumnya di beberapa negara mengharuskan pelaut melampirkan sertifikatsebagai persyaratan. Dengan regulasi tersebut para pelaut bisa diendorse.

Apa itu sertifikat pelaut?

Sesuai dengan PP No. 7 tahun 2000 mengenai kelautan, mengemukakan jika seorang pelaut yang ingin menjadi anak buah kapal (ABK) atau mengajukan lamaran ke lowker pelaut, wajib memiliki keterampilan yang dinyatakan dalam bentuk sertifikat.

Ada dua jenis sertifikat, yakni sertifikat keahlian pelaut dan sertifikat keterampilan pelaut. Sertifikat keahlian pelaut merupakan sertifikat yang menjelaskan mengenai pengetahuan dan keahlian pelaut tentang pelayaran.

Sedangkan sertifikat keterampilan pelaut merupakan sertifikat yang menjelaskan tentang keterampilan tertentu. Misalnya mengurus buku-buku pelaut, media check up, dan lain sebagainya.

Cara mengecek sertifikat pelaut

Sebelum melakukan pengecekan sertifikat. Ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa itu nomor sertifikat dan kode pelaut. Nomor sertifikat adalah nomor yang ada di bagian atas kanan. Itu adalah nomor sertifikat pelaut Indonesia yang sudah aktif. Nomor seri sertifikat tersebut ada 16 digit.

Sedangkan kode pelaut adalah kode yang diambil dari 10 digit pertama dari nomor sertifikat. Lantas, bagaimana cara cek sertifikat pelaut? Berikut cara-caranya:

  1. Pertama-tama masuk ke website resmi cek sertifikat para pelaut melalui browser dengan cara ketik pelaut.dephub.go.id.
  2. Masukkan nomor sertifikat yang Anda miliki di kolom kode yang sudah tersedia.
  3. Setelah selesai, nantinya akan muncul captcha. Masukkan huruf dan angka yang tertera. Kemudian klik cari sertifikat.
  4. Setelah mengeklik cari sertifikat, nantinya data personal akan muncul. Seperti nama lengkap, kode pelaut, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, umur, nama sertifikat. Serta lamanya masa berlaku sertifikat tersebut.
  5. Selesai. Nantinya para pelaut akan mendapatkan segala informasi pribadi lengkap dengan masa aktif sertifikatnya.

Tips jika kode captcha sering eror, maka Anda tidak perlu lagi memasukkan kode captcha. Langsung saja ketik kode dan nomor sertifikat di kolom. Kemudian klik cari sertifikat. Dengan begitu hasilnya sudah bisa dilihat.

Tak hanya mengecek sertifikat, di website resmi tersebut para pelaut juga diberikan kemudahan dengan dokumentasi berkas-berkas secara online. Misalnya BST pelaut dan ijazah. Dengan adanya digitalisasi ini diharapkan dapat menghindari pemalsuan dokumen yang marak terjadi saat ini.

Cara Mengatasi Sertifikat yang Tidak Muncul

Saat mengunjungi website resmi, ada kalanya terjadi kendala dan eror secara tiba-tiba. Misalnya sertifikat tidak muncul saat dicek. Walaupun begitu, jangan panik.

Ada salah satu cara mengatasi sertifikat yang tidak muncul. Misalnya, jika sertifikat yang dicek tidak muncul, para pelaut bisa mengirimkan scan sertifikat ke email resmi Dephub. Karena bisa jadi data pelaut belum masuk ke database Seafarer Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai sertifikat pelaut beserta cara mengeceknya. Tertarik menjadi anak buah kapal (ABK)? Anda bisa mengajukan lamaran segera di berbagai lowongan kerja sebagai pelaut.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here