Cara Perpanjang Buku Pelaut Setelah Habis Masa Berlakunya

0
781
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Bagaimana cara perpanjangan buku pelaut? Idealnya umur buku pelaut hanya 7 tahun dan harus diperpanjang minimal dua tahun sekali. Bahkan pada tahun 2019 Departemen Perhubungan mengumumkan jika para bahari wajib memperpanjang buku pelaut. Lantas, apa saja syarat-syarat yang harus disiapkan dan bagaimana caranya?

Persyaratan perpanjang buku pelaut online

  • Sebuah kertas permohonan dari pelaut yang didapat dari perusahaan
  • Fotokopi surat ahli kelautan
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi sertifikat keterampilan pelaut
  • Sertifikat kesehatan dari rumah sakit yang telah dirujuk
  • Lampiran buku pelaut asli

Berikut langkah-langkah dan cara perpanjang buku pelaut secara online:

  1. Pertama-tama masuk ke situs pelaut online terlebih dahulu
  2. Buka browser, nantinya Anda akan diminta memasukkan username dan kata sandi untuk login. Jika sudah, klik login. Jika lupa kata sandi, bisa klik bagian “lupa password”
  3. Klik bagian tab permohonan, jika menggunakan handphone klik bahkan titik tiga yang ada di sebelah kiri.
  4. Apabila tab permohonan sudah muncul, pilih perpanjangan. Kemudian klik “Buat permohonan”
  5. Selanjutnya pilih tempat cetak buku pelaut. Jika sudah, Anda bisa melanjutkannya dengan mengklik tombol oke. Dengan begitu permohonan perpanjang buku pelaut Anda sudah selesai.
  6. Untuk proses perpanjang bukunya dianjurkan untuk mencetak lampiran permohonan tadi. Kemudian kunjungi KSOP dengan tanggal yang sudah ditentukan di lampiran permohonan tersebut.

Untuk biaya, nantinya Anda akan dikenakan tarif hanya sebesar Rp10.000 saja. Tarif tersebut akan dibayarkan langsung di bank yang ada di kantor KSOP tempat memperpanjang buku pelaut.

Fungsi buku pelaut

1. Sebagai identitas pemilik buku

Di dalam buku pelaut ada banyak informasi terkait pemiliknya. Misalnya nama, alam, tanggal lahir, tinggi badan, berat badan, serta foto pemilik buku tersebut

2. Sebagai catatan khusus pemilik

Catatan khusus ini menyangkut mengenai masa pelayaran pelaut. Mulai dari jabatan, nama kapal yang ditumpangi, berat kapal, serta jabatan kapal.

3. Sebagai catatan kesehatan pemilik

Syarat menjadi pelaut adalah memiliki fisik yang sehat dan kuat. Hal itu didukung dengan tidak ada catatan yang tercatat mengenai penyakit di dalamnya. Jika Anda tertarik menjadi pelaut, bisa mengajukan lamaran pada lowker pelautyang tersebar di sosial media.

4. Sebagai tempat mencatat pengalaman berlayar

Seluruh pengalaman berlayar para pelaut akan tercatat di dalam buku. Itulah sebabnya buku pelaut sangat penting dalam menunjang karier dan pendapatan bulanan pelaut. Jika pengalaman berlayar tidak tercatat di dalam buku pelaut, maka proses untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi sedikit terganggu.

Jadi itulah tadi cara perpanjang buku pelaut yang harus diketahui oleh para pelaut. Bagi pelaut, buku tersebut memang sangat penting karena dapat meningkatkan posisi jabatan. Saat ini memperpanjang buku pelaut pun sudah diberikan kemudahan dengan cara melakukan secara online.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here