Memahami Sertifikat Pelaut: Apa Saja yang Anda Butuhkan?

0
194
views
sumber: google.co.id

Artikel diperbaharui pada 20 November 2023

Berikan Rating Sekarang

Memasuki dunia pelayaran bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan tanpa persiapan matang, terutama dari sisi sertifikasi. Sertifikat pelaut adalah dokumen wajib yang harus dimiliki oleh semua individu yang ingin bekerja di industri maritim. Apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat ini? Artikel ini akan membantu Anda memahaminya.

Jenis-Jenis Sertifikat Pelaut

Sebelum memutuskan untuk mengejar karier di bidang pelayaran, penting untuk mengetahui jenis-jenis sertifikat pelaut yang ada.

Sertifikat Dasar

  • BST (Basic Safety Training): Ini adalah pelatihan wajib yang harus diikuti oleh semua pelaut. Pelatihan ini mencakup dasar-dasar keselamatan di kapal, seperti tindakan pencegahan kebakaran dan cara-cara evakuasi.
  • SAT (Survival at Sea): Sertifikat ini fokus pada keterampilan bertahan hidup di laut dalam berbagai kondisi darurat.

Sertifikat Spesialisasi

  • AFF (Advanced Fire Fighting): Ini adalah level lanjutan dari pelatihan kebakaran, mengajarkan teknik dan metode lebih kompleks dalam menangani kebakaran.
  • GOC (General Operator Certificate): Sertifikat ini diperlukan bagi mereka yang bertanggung jawab atas perangkat komunikasi di kapal.

Syarat-Syarat Mendapatkan Sertifikat

Usia dan Pendidikan

Usia minimum biasanya adalah 18 tahun dengan latar belakang pendidikan minimal lulusan SMA atau setara.

Kesehatan Fisik dan Mental

Anda perlu lulus pemeriksaan kesehatan yang mencakup tes fisik dan mental untuk memastikan bahwa Anda layak bekerja di lingkungan maritim.

Pelatihan dan Ujian

Setelah memenuhi syarat di atas, Anda harus mengikuti pelatihan dan ujian untuk mendapatkan sertifikat pelaut. Ini bisa berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung jenis sertifikatnya.

Proses Penerbitan Sertifikat

Proses ini biasanya cukup cepat setelah Anda lulus ujian. Dokumen-dokumen yang diperlukan biasanya meliputi bukti identitas, hasil ujian, dan kadang-kadang rekomendasi dari lembaga pelatihan atau pemberi kerja sebelumnya.

Manfaat Memiliki Sertifikat Pelaut

Memiliki sertifikat pelaut bukan hanya memenuhi persyaratan legal tetapi juga memiliki sejumlah manfaat lain:

  • Akses ke Pekerjaan: Banyak perusahaan pelayaran yang memprioritaskan pelaut dengan sertifikat yang lengkap dan memadai.
  • Keselamatan dan Keamanan: Sertifikat ini memastikan bahwa Anda telah dilatih untuk menghadapi berbagai situasi darurat, sehingga meningkatkan keselamatan di kapal.
  • Peningkatan Karier: Dengan memiliki sertifikat yang lebih lanjut, Anda memperluas cakupan pekerjaan yang bisa diambil, dan ini tentu saja membuka lebih banyak peluang karier.

Bagaimana Memilih Tempat Pelatihan?

Memilih tempat pelatihan yang tepat adalah langkah krusial dalam proses ini. Pertimbangkan faktor-faktor seperti akreditasi lembaga, fasilitas yang ditawarkan, serta ulasan dari alumni. Informasi ini seringkali dapat ditemukan melalui website resmi, forum, atau media sosial. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan pelatihan yang memadai dan sesuai dengan standar industri.

Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat pelaut, Anda kini lebih siap untuk mengambil langkah pertama menuju karier di industri maritim. Selalu ingat untuk memperbarui sertifikat Anda sesuai dengan kebutuhan dan peraturan yang berlaku untuk memastikan Anda tetap kompetitif di bidang ini.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here