4 Tips Paling Jitu Agar Lolos Jadi Nakhoda Kapal

0
458
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Nakhoda kapal ialah jabatan tertinggi yang ada di sebuah kapal pesiar dengan gaji yang tinggi. sama seperti jabatan lain, untuk menjadi kapten kapal juga butuh pengalaman, pendidikan dan hal penting lainnya.

Ikuti langkah berikut untuk menjadi nakhoda kapal

Meski harus melewati proses tertentu, namun untuk memperoleh jabatan tinggi memang seperti itu. Ketentuan yang dibutuhkan ditentukan oleh perusahaan yang menjadi target masing-masing pelaut. Berikut ada beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi nahkoda kapal:

1. Pendidikan

Setelah lulus SMA maka bisa dilanjutkan ke sekolah pelayaran atau akademi pelatihan penjaga pantai untuk mendapatkan gelar S1. Untuk lewat lowker nakhoda kapal diperlukan pendidikan formal. Namun juga bisa menjadi nakhoda di kapal persediaan atau kapal jalur pedalaman, caranya terlebih dulu menjadi kelasi di kapal tersebut. Selanjutnya usahakan untuk menaikkan pangkat. Selain itu perlu juga mendapat gelar di bidang transportasi laut, operasi dan teknologi maritim atau teknik laut.

Selanjutnya kembangkan keahlian yang dimiliki jika tidak dengan pendidikan formal juga bisa dengan mempelajari topik terkait sistem operasi komunikasi laut, sistem perangkat lunak dan struktur alat kapal mekanis. Komunikasi juga perlu dilatih dengan baik.

2. Pengalaman

Cara jadi nakhoda dibutuhkan pengalaman dimana pengalaman bisa didapatkan dengan bekerja langsung di kapal. Sebelum menjadi nakhoda, diharuskan mempunyai jam terbang sekitar 360 hari di laut dalam waktu 5 tahun. Bisa memulai menjadi kelasi atau pembantu namun jam kerjanya diperhitungkan. Untuk menjadi nakhoda butuh pengalaman profesional selama 3 atau 4 tahun dimana langsung terhubung dengan bagian operasional kapal.

3. Surat perizinan

Untuk menjadi nakhoda juga diperlukan perizinan nakhoda yang bisa diisi melalui penjaga pantai Amerika Serikat. Perizinan yang formal biasa dikenal dengan nama MMC. Diisi dengan lengkap, juga dilengkapi dengan dokumentasi pengalaman terbang di laut.

Tips menjadi nahkoda selanjutnya perlu dikumpulkan 3 surat rekomendasi sebaiknya yang berhubungan dengan dunia maritim. Surat yang terbaik yang berasal dari nakhoda yang sudah mempunyai perizinan, pemancing di kapal dan orang lain yang mempunyai serta mengoperasikan kapalnya. Selanjutnya diharuskan lulus tes fisik dan tes obat-obatan.

Saat mendaftar untuk mendapatkan izin dari nakhoda, ada ujian tulis yang harus diselesaikan dan saat mengumpulkan pendaftaran serta untuk ujiannya ditubuhkan biaya. Selanjutnya dapatkan mandat setelah pendaftaran, ujian dan dokumen yang berhubungan setelah siap dilakukan.

4. Memperoleh pekerjaan

Ketahui apa yang akan dihadapi sebab awalnya mungkin sulit untuk menjadi nakhoda namun perkembangan peluang kerja akan lebih cepat. Juga perlu relasi saat pelatihan atau saat mengembangkan pengalaman  dilakukan. Atau hubungi perusahaan maritim dan dilakukan berbagai cara untuk mencari pekerjaan. Misalnya dengan menghubungi nakhoda kapal atau menanyakan kepada mualim tentang lowongan pekerjaan yang dibutuhkan. Untuk meningkatkan pangkat atau mempertahankan profesi silakan melanjutkan pendidikan di akademi maritim.

Sekian artikel tentang 4 langkah yang bisa dilakukan untuk menjadi nahkoda kapal. Semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here