Tips Bagi Pelaut Pemula Untuk Punya Jenjang Karier yang Baik

0
129
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sebagai pelaut pemula tentunya membutuhkan beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjadi pelaut yang baik. Ada beberapa syarat yang perlu diketahui untuk mendapatkan prestasi dalam pekerjaannya. Terutama jika Anda ingin memiliki jenjang karier yang baik saat bekerja sebagai pelaut. Berikut tips yang bisa dicoba.

Apa saja tips penting untuk diperhatikan pelaut pemula?

  1. Persiapan Mental

Langkah pertama yang wajib dilalui adalah mempersiapkan mental sekuat baja untuk bisa melalui setiap pelatihan dan juga pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini berkaitan dengan pelaut yang bekerja jauh dari keluarga selama berhari-hari dan jarang untuk bisa bertemu.

Tidak hanya itu saja pelaut juga harus menahan sakit tanpa ditunggu keluarga demi keprofesionalitasan kerjanya. Tips untuk pelaut pemula yang satu ini memang cukup susah untuk dilatih. Namun lambat laun mental ini akan terbentuk jika diniati dengan serius oleh pengguna.

Mental yang kuat juga menjadi bahan acuan seorang pelaut bisa menghadapi keadaan paling genting sekalipun saat kapal mengalami masalah di lautan. Tentunya pelaut harus mengambil keputusan yang tepat dengan pemikiran yang cerdas. Pelaut harus melakukannya tanpa memberikan kepanikan awak kapal yang lainnya.

Mental yang kuat ini bisa membantu menentukan alternatif yang tepat ketika semua orang sama-sama ketakutan berada di atas kapal. Seorang pelaut harus menunjukkan jiwa kedewasaannya meskipun dalam dirinya juga takut terhadap apa yang telah diambilnya.

2. Mengenal jenis sertifikat

Ada beberapa jenis sertifikat yang berbeda sesuai dengan kegunaannya untuk diketahui oleh pengguna. Tidak sembarang sertifikat bisa dimiliki dengan berbagai macam jenis kapal. Pelaut harus memiliki banyak sertifikat sesuai dengan tingkatannya sebagai bukti kemampuan yang dimilikinya.

Untuk mendapatkan sertifikat ini pelaut harus menjalani pelatihan dan juga menyiapkan dokumen khusus tentunya. Setiap sertifikat juga membutuhkan dokumen yang berbeda-beda untuk bisa menebusnya. Terlebih jika pelaut ingin berlayar tidak hanya di dalam negeri namun meluaskan sayap ke luar negeri akan ada dokumen tambahan yang harus dipenuhi.

Dibutuhkan pengorbanan waktu dan juga tenaga untuk bisa mendapatkan sertifikat ketrampilan ini. Tentunya bisa menjadi penebus paling mewakili bagi pelaut dalam tingkat keberhasilan yang dicapainya.

3. Perbanyak relasi

Baik sudah menjadi pelaut maupun sedang dalam mencari lowker pelaut yang perlu dilakukan adalah memperbanyak relasi. Relasi ini bisa digunakan untuk memberikan pengetahuan yang cukup banyak dengan bertukar. Mempelajari semuanya sendiri tentunya membutuhkan waktu yang lama itulah pentingnya sebuah kolaborasi.

Relasi juga membantu pelaut untuk memecahkan permasalahan yang mungkin belum pernah ditemuinya namun sudah pernah dipecahkan oleh orang lain. Hal yang perlu diingat adalah banyaknya pesaing yang membutuhkan pekerjaan sejenis bukan hanya yang berasal dari dalam negeri namun juga berasal dari luar negeri.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pelaut pemula untuk mendapatkan kesuksesan di awal karier sampai dengan pencapaian puncaknya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here