Cara Untuk Melakukan Pencegahan Kerusakan Kapal Dengan Tepat

0
165
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Perlu diketahui bahwa ternyata pencegahan kerusakan kapal bisa dilakukan dengan cara yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk antisipasi dini agar tidak terjadi kecelakaan yang fatal nantinya. Biasanya hal ini diberikan sebagai bekal pengecekan mandiri agar tidak terjadi kecelakaan.

Cara Untuk Melakukan Pencegahan Kerusakan Kapal Dengan Tepat

  1. Perawatan mesin berkala dan dikontrol

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan mesin secara berkala dan dikontrol. Tujuannya adalah untuk membuat pengecekan mesinnya benar-benar dilakukan dan tidak sampai lupa. Pengecekan secara rutin ini membuat proses perbaikannya menjadi lebih mudah. Jika ada kesalahan kecil yang terjadi bisa langsung diperbaiki.

  1. Gunakan sistem perawatan running hours

Cara kedua ini cocok untuk cara mencegah kerusakan kapal bagi mesin yang sudah tiba waktu pengecekan. Kapal sendiri terbagi menjadi beberapa sisi mesin yang saling terhubung sehingga tidak bisa dipisahkan. Ada yang memiliki masa berlaku lebih lama dan ada yang terbatas.

Hal ini berguna untuk selalu memastikan kondisi masing-masing mesinnya tetap dalam suatu bentuk yang bagus. Anda tidak harus menunggu mesin sudah usang atau rusak ketika melakukan pergantian. Jika terdapat kondisi yang sudah berbeda segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

  1. Gunakan instruksi yang benar

Untuk melakukan pengecekan ini juga tidak boleh asal-asalan harus mengikuti instruksi manual book sebagai panduannya. Berbeda kapal juga memiliki perbedaan cara merawat mesin yang signifikan. Tujuannya untuk menghindari adanya kesalahan memilih langkah perbaikan pada kapalnya. Terlebih jika memang masih awam dalam memegang mesin terkait.

  1. Pemantauan kondisi selanjutnya

Sudah selesai melakukan pengecekan secara maksimal, ternyata untuk lolos lowker pelaut ini juga harus selalu sigap. Anda harus paham terkait peninjuan kondisi selanjutnya jangan sampai tertinggal.

Terkadang mesin bisa saja sudah sembuh dan bisa digunakan. Ternyata setelah dicoba belum bisa bekerja secara maksimal. Jadi perlu penanganan yang lebih serius di dalamnya. Pemantauan setiap perkembangan kondisi mesin dibutuhkan dalam hal ini.

  1. Perbaikan tahunan

Anda juga tidak boleh melupakan ada yang dinamakan dok tahunan atau pengecekan kapal tahunan. Meskipun sudah melakukan pengecekan harian untuk bagian mesin besar atau sisi tertentu ternyata juga membutuhkan hal ini. Pengecekan tahunan ini untuk melihat kelayakan layar dari kapalnya.

Sehingga bisa menampung awak dengan jarak seberapa jauh nantinya. Seluruh sisi mesin dalam kapal akan dilihat kemampuannya untuk menopang kapalnya. Sampai muncul keputusan akhir dalam perbaikan, penggantian mesin atau kapal tidak bisa digunakan.

Dalam pelaksanaan pencegahan kerusakan kapal ini memang harus dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya adalah agar tidak ada peninjuan dan pengecekan yang tertinggal dari dalam kapal. Anda juga lebih bisa melakukan perbaikan maksimal untuk masing-masing komponen yang masuk di dalamnya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here