Jenis Sertifikat Kapal Yang Penting Dimiliki Oleh Pelaut

0
190
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Dalam karirnya sebagai pelaut erat hubungannya dengan sertifikat kapal apa saja yang harus dimiliki untuk menunjang. Dalam hal ini sertifikat yang dimiliki juga sangat mendukung jenis kapal apa yang nantinya akan ditunggangi. Berkaitan erat dengan kelas atau skill ketrampilan yang dimiliki selama menjabat sebagai pelaut.

Jenis Sertifikat Kapal Yang Penting Dimiliki Oleh Pelaut

  1. Radio elektronika

Hal pertama yang penting dalam sertifikat keahlian pelaut adalah berkaitan dengan radio elektronika. Sertifikat yang didapatkan nantinya berhubungan dengan keahlian pelaut dalam hak radio elektronika. Semakin kompleks kemampuannya tentu sertifikat yang didapatkan semakin lengkap.

Untuk sertifikat kapal pelaut ini biasanya diisi dengan urutan pertama seperti sertifikat radio elektronika tingkat kelas I untuk yang tertinggi. Kemudian ada sertifikat radio elektronika kelas II berada di bawahnya. Keahlian lain dalam hal ini juga berkaitan dengan sertifikat operator umum dan sertifikat operator terbatas.

Semakin banyak keahlian pelaut dalam hal radio elektronika semakin banyak peluang untuk bisa berlayar. Hal ini berkaitan dengan tugas di atas kapal yang tidak hanya mengoperasikan kapal. Namun juga terkait merawat mesin kapal, membaca peta dan navigasi terkait.

  1. Teknik permesinan

Keahlian kedua dalam hal ini terkait dengan teknik permesinan. Dalam hal ini pelaut tentu memiliki keahlian khusus dalam hal pengalaman perbaikan dan operasi mesin. Namun yang perlu dipahami dalam hal ini untuk mencari sertifikat sesuai tingkatannya memerlukan waktu tunggu.

Dikaitkan juga dengan lamanya masa berlayar, jalur akademik studi dan juga faktor lainnya sehingga bisa mendapatkan sertifikat dengan kelas tinggi. Untuk sertifikat dalam kelompok ini namanya sama yang membedakan hanyalah sisi kelas atas dan bawahnya.

Nama yang diberikan dari sertifikatnya berupa Ahli Teknika selebihnya akan diikuti dengan tingkatannya. Seperti sertifikat teknika tingkat dasar sampai dengan tingkat satu untuk yang profesional.

  1. Keahlian nautika

Selain keahlian dalam hal mesin sertifikat penunjang berikutnya yang bisa didapatkan oleh pelaut adalah keahlian nautika. Untuk yang ingin mendaftar lowker pelaut juga wajib tahu mengenai hal ini untuk persiapannya. Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam hal ini bisa upgrade skillnya lebih baik lagi.

Sama dengan keahlian teknik Anda juga bisa mendapatkan sertifikat ini sesuai dengan tingkatannya. Bahkan nama dari sertifikat ini juga sama semua yang membedakan hanya bagian tingkat di belakangnya. Untuk namanya sendiri berupa sertifikat nautika dan dilengkapi dengan tingkat di belakangnya.

Untuk banyaknya tingkatan yang diberikan sendiri mulai dari sertifikat nautika tingkat dasar sampai dengan tingkat 1. Hal ini sesuai dengan posisi dari yang paling bawah sampai profesional.

Dalam pelaksanaan sertifikat kapal memang ada tingkatan untuk acuan kemampuan pelaut. Jadi diharapkan pelaut selalu menambah ilmu dan pengalamannya menjadi lebih baik lagi nantinya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here