Tips Interview Pelaut Agar Diterima di Perusahaan Asing

0
83
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Menghadiri interview pelaut menjadi  momok menakutkan terutama bagi lulusan baru, entah memutuskan bekerja di perusahaan pelayaran dalam negeri atau asing. Ketika pilihan lebih berat pada perusahaan asing, Anda wajib memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal.

Tips interview pelaut agar diterima di perusahaan asing

1. Gaya berpakaian

Mau melamar ke mana saja, berpakaian formal sangat direkomendasikan ketika melakukan interview. Dengan berpakaian formal,  Anda tidak hanya meninggalkan kesan rapi tapi juga profesional. Jika biasanya Anda pergi keluar rumah tanpa menyetrika pakaian, maka untuk  interview lakukan pengecualian. Pastikan pakaian yang Anda kenakan tampak licin, tidak kusut dan pastinya wangi.

2. Attitude

Selain memberikan kesan profesional dan tampilan yang memukau, cobalah untuk bersikap baik. Lowker pelaut untuk perusahaan asing memang selalu ada, tapi akan lebih baik bila Anda mendapatkan pekerjaan dengan segera setelah lulus. Ketika melakukan wawancara, bersikaplah sewajarnya. Berikan kesan yang sopan dan bersahabat dan tebar senyum profesional Anda. Perhatikan pula sikap Anda ketika menjawab dan mendengarkan pertanyaan, karena tingkah laku sekecil apa pun biasanya mendapatkan penilaian tersendiri.

3. Kecerdasan dan keterampilan

Saat belajar di kampus pelayaran Anda sudah diberikan banyak materi dan praktik pembelajaran untuk menjadi awak kapal yang tanggung dan kompeten. Meskipun perusahaan memegang data pendidikan Anda, mereka tetap akan memberikan beberapa pertanyaan sebagai formalitas saat melangsungkan wawancara. Terkadang pertanyaan yang diutarakan tidak berhubungan sama sekali dengan keterampilan Anda sebagai seorang pelaut.

Dalam kondisi tersebut, Anda harus tetap fokus dan berusaha untuk menjawab seluruh pertanyaan dengan baik. Buktikan jika Anda merupakan calon pekerja potensial yang memiliki kecerdasan dan keterampilan sebagai seorang kru kapal.

4. Jalin hubungan keakraban

Tips pelaut lainnya agar lolos wawancara adalah menjalin hubungan baik penuh keakraban. Seseorang yang melakukan tes wawancara pada Anda mungkin memiliki keterampilan yang sangat baik dalam mengintimidasi lawan bicaranya.

Bukan hal yang aneh, karena kebanyakan pewawancara kerja berasal dari jurusan psikologi. Yang perlu Anda lakukan cukup bangun keakraban, jangan tunjukkan kelemahan Anda pada mereka. Karena sekalinya Anda tampak lemah, mereka akan terus merongrong kelemahan tersebut hingga Anda merasa kalah dan memilih menyerah.

Jika sudah dalam tahapan menyerah seperti itu, akan sulit bagi Anda untuk menyelesaikan interview dengan lancar dan sukses. Bayang-bayang diterima pun semakin menghilang. Buatlah diri Anda merasa nyaman dan cobalah bersikap santai, bayangkan saja diri Anda sedang berbicara dengan teman lama yang baru bertemu kembali setelah sekian lama. Meskipun canggung, komunikasi yang dibangun tidak hanya berlangsung searah melainkan dua arah.

5. Konsentrasi

Tips terakhir adalah konsentrasi, apalagi jika pewawancara Anda bukan tipe humoris. Berikan jawaban yang lugas dan jelas, memberikan jawaban yang kurang jelas justru akan memberikan poin negatif pada wawancara Anda.

Dengan mengikuti sejumlah tips interview pelaut di atas niscaya Anda akan diterima sebagai salah satu kru kapal perusahaan asing. Dan bersiaplah untuk mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here