5 Alasan Mengapa Gaji Pelaut Tinggi

0
119
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Mengapa gaji pelaut tinggi? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan terutama oleh masyarakat awam. Namun bila dilihat dari kacamata seorang pelaut, tentu ada banyak alasan yang melatarbelakangi kondisi tersebut. Karena pekerjaan pelaut sering kali bertaruh dengan nyawa apalagi jika berlayar di perairan yang tidak bisa diprediksi sama sekali cuacanya.

Ini dia alasan mengapa gaji pelaut tinggi

1. Pengaruh Cuaca dan Kondisi Di Atas Kapal

Faktor keselamatan kerja menjadi alasan utama gaji pelaut di tanah air atau luar negeri tinggi. Berbeda dari pekerjaan darat yang lebih banyak bergulat dengan risiko kemacetan, lautan justru sangat luas dan lapang. Meski lapang, risiko keselamatan kerjanya justru lebih kecil karena cuaca bisa berubah dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan menit. Saat terjadi badai dengan ombak besar, kru kapal harus bertindak dengan benar untuk menyelamatkan diri, menyelamatkan kapal dan muatan yang dibawanya.

2. Tingkat kejenuhan tinggi

Alasan lain gaji pelaut Indonesia tinggi karena memiliki tingkat kejenuhan kerja yang jauh lebih tinggi. Mengapa demikian? karena dalam 24 jam mereka hanya berada di satu tempat dan satu lokasi saja yakni di dalam kapal di atas perairan. Jikalau harus berlabuh pun harus sesuai dengan jadwal pekerjaan, bila belum waktunya untuk berlabuh maka kapal akan terus terombang-ambing di atas perairan. Meskipun teknologi kini sudah sangat modern, tingkat kejenuhan profesi pelaut masih cukup besar.

3. Membawa muatan berbahaya

Beberapa kapal laut terkadang membawa muatan yang sangat berbahaya yang bila tidak dibawa dengan hati-hati bisa menyebabkan kecelakaan. Muatan seperti bahan bakar minyak, gas dan materi kimia adalah daftar muatan berbahaya. Terkadang jika membawa barang berharga, pelaut akan mendapatkan mara bahaya dari serangan perampok yang ingin menjarah kapal.

4. Ancaman perompak

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, gaji pelaut kapal pesiar atau kapal muatan tinggi karena risiko pekerjaan mereka yang sering berkaitan dengan perompak. Perompak yang berada di lautan biasanya sangat kejam bahkan tidak segan-segan membunuh awak kapal. Inilah alasan mengapa kru kapal diwajibkan untuk mengikuti security training.

5. Butuh keterampilan khusus

Selain mengikuti security training, pelaut juga dihimbau untuk memiliki berbagai keterampilan khusus lainnya. Keterampilan tersebut hanya akan diterima pasca mereka melakukan training. Pelaut yang keterampilannya sedikit akan sulit untuk bertahan di lautan, ujung-ujungnya hanya akan menjadi staf kapal rendah dengan gaji yang sedikit. Menjadi kru kapal membutuhkan tekad yang besar, jika hanya berani diucapkan saja akan sulit untuk menjalani profesi ini. Karena selain menantang bahaya dengan badai dan ombak, pekerjaan ini sering kali berkaitan dengan perompak yang jahat.

Ulasan di atas, tentu sudah bisa menjawab pertanyaan Anda seputar alasan mengapa gaji pelaut tinggi, bukan? gaji pelaut tinggi karena risiko pekerjaan dan keselamatan mereka sangat tinggi berbanding terbalik dari pekerjaan di darat yang jauh lebih aman dan nyaman.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here