5 Cara Jadi Pelaut Pemula yang Perlu Anda Tahu

0
592
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Cara jadi pelaut pemula perlu diketahui sebelum mendaftar ataupun ketika sudah lulus tes lowongan pelaut. Tentunya menjadi pelaut, ada caranya tidak  semuanya hadir secara instan. Bagi yang pertama kalinya bergabung dengan dunia pelayaran dan belum tahu sepenuhnya tentang profesi pelaut. Maka berikut ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk menjadi pelaut khususnya pemula.

5 Cara jadi pelaut pemula yang perlu Anda tahu

1. Siapkan Mental

Seperti yang diketahui bahwa pekerjaan pelaut bukan profesi yang sangat mudah, banyak rintangan dan jalan berliku yang dihadapi saat sudah berlangsung masa kerja. Jadi sebelum masuk ke dunia pelayaran, siapkan mental dulu. Jika mental tidak mendukung sebaiknya tidak mendaftar lowongan kerja pelaut. Apalagi profesi ini mengharuskan pelaut jauh dari keluarga dalam waktu yang lama. Jadi pertimbangkan kembali keinginan untuk menjadi pelaut.

2. Siapkan Dokumen dan Berbagai Sertifikat

Saat ini menjadi pelaut dibutuhkan ragam sertifikat sehingga perlu disiapkan dengan baik. Begitu juga dokumen menyangkut identitas diri. Mulai dari buku pelaut, sertifikat BST, sertifikat PSCRB, AFF, SAT, MFA, BLGT, paspor hingga hal lain yang diperlukan. Umumnya tergantung pelaut bekerja di kapal yang aman, apakah di kapal ikan, kapal tanker atau kapal lainnya.

3. Punya Banyak Relasi

Jangan ragu untuk berteman dengan siapa saja sebab relasi yang baik sangat penting bagi seorang pelaut. Kebanyakan pelaut yang sudah memiliki dokumen dan sertifikat lengkap namun tidak juga bisa bergabung dalam pelayaran disebabkan kurangnya relasi. Banyak relasi memudahkan mendapatkan pekerjaan tak terkecuali profesi pelaut. Banyak tahu tentang lowongan pelaut, kapan waktu tes dibuka, bagaimana prinsip kerja pelaut dan lain sebagainya.

4. Kemampuan  Berbahasa Asing

Kemampuan bahasa Inggris sangat wajib dimiliki oleh seorang pelaut. Apalagi yang pekerjaannya dengan perusahaan asing dan kapal internasional. Nanti akan banyak pelaut asing dan perlu berinteraksi, ini dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Jika kemampuan yang memadai ditambah  kemampuan bahasa Inggris yang lancar, maka sangat mudah dikontrak untuk profesi pelaut.

Selain itu, ada juga pelaut yang ingin menjadi bagian dari perusahaan asing dites kemampuan berbahasa terlebih dulu. Jadi sebelum melirik job pelaut terbaru sangat penting mempelajari bahasa khususnya saat berkomunikasi.

5. Cari Info Lowongan dan Sebarkan CV

Jika memiliki keinginan kuat untuk menjadi pelaut maka tak boleh menyerah begitu cepat saat belum diterima oleh satu perusahaan. Terus mencari lebih banyak lowongan pelaut, kemudian hantarkan CV, jangan lupa sebelum itu harus memiliki pengalaman bekerja di kapal. CV dengan bagus, tidak bertele-tele, singkat namun jelas. Sebab tak semua orang akan menghabiskan waktu hanya untuk membaca CV yang panjang.

Nah, inilah 5  cara jadi pelaut pemula yang wajib diikuti jika ingin diterima di perusahaan pelayaran dan bekerja di kapal, semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here