6 Syarat Kerja di Kapal Pesiar yang Perlu Anda Tahu

0
61
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Untuk menjadi bagian dari kapal pesiar harus sesuai syarat kerja di kapal pesiar. Sama seperti pekerjaan yang lain jika tak memenuhi syarat maka tak diizinkan untuk menjadi bagian dari pekerjaan tersebut, begitu juga dengan profesi pelaut.

Penting ketahui 6 syarat kerja di kapal pesiar ini

Bekerja di kapal pesiar memang diminati oleh sebagian orang, namun profesi ini diseleksi dengan ketat, tidak sembarangan orang bisa masuk bekerja di kapal pesiar. Maka seorang yang ingin bekerja di kapal harus tahu dulu apa saja syaratnya, berikut penjelasannya:

1. Laki-Laki atau perempuan

Lowongan kerja pelaut kapal pesiar terbuka untuk perempuan dan laki-laki. Jadi tidak ada kata bahwa hanya laki-laki saja yang bekerja di kapal pesiar. Jika perempuan memiliki kinerja dan kemampuan yang memadai, lengkap dengan bahasa asing yang lancar, bisa dengan mudah diterima di kapal pesiar.

2. Umur 20 tahun ke atas

Bagi yang umurnya 20 tahun ke bawah maka tidak diterima menjadi bagian dari kapal pesiar. Sebab syarat untuk menjadi kapal pesiar harus yang berumur lebih dari 20 tahun. Tetapi ada juga beberapa perusahaan yang menawarkan lowongan kerja pelaut dengan usia 21 tahun. Ini tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

3. Memiliki pengalaman minimal selama 6 bulan

Syarat selanjutnya harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin menjadi pelaut atau bekerja di kapal pesiar ialah yang sudah memiliki pengalaman. Minimal pengalaman selama 6 bulan dan tentu saja sangat diprioritaskan agar pengalaman yang dimiliki sesuai dengan bidang pekerjaan yang dituju. Jadi, jika pengalamannya sesuai berpeluang besar diterima untuk mengikuti berbagai tes selanjutnya.

4. Kesehatan

Syarat menjadi pelaut adalah memiliki tubuh yang sehat, tidak memiliki penyakit yang menular dan tidak buta warna. Jadi jika seseorang memiliki salah satu dari hal ini sebaiknya tidak perlu melamar menjadi pelaut.

5. Memiliki Latar Belakang Pendidikan

Jika tidak sekolah maka sangat sulit mendaftar job pelaut terbaru. Sebab syaratnya harus ada latar belakang pendidikan dan sangat diutamakan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang diinginkan. Syarat umumnya, minimal memiliki ijazah SLTA dan  bisa dengan baik berbahasa Inggris.

6. Mempunyai beberapa dokumen penting

Diantara dokumen tersebut yaitu buku identitas seperti paspor, sertifikat BST, buku pelaut serta sertifikat lain yang wajib dimiliki oleh seorang pelaut. Namun ada juga perusahaan dari kapal persiar tertentu mewajibkan memiliki beberapa dokumen yang lain diantaranya fire fighting, crisis & crowd management (CCM) seta yang lainnya tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Inilah sebanyak 6 syarat kerja di kapal pesiar yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar yang ingin menjadi bagian dari kapal pesiar, semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here