Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Kadet Deck

0
356
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Mengetahui pekerjaan kadet deck memang menjadi hal yang penting terutama untuk Anda yang sedang menjadi kadet. Kadet atau cadet merupakan taruna yang baru saja lulus dari sekolah tinggi pelayaran dan sedang mengikuti praktik wajib. Para taruna tersebut wajib untuk mengikuti praktik pelayaran selama 12 bulan atau satu tahun sebagai salah satu persyaratan agar bisa mengikuti ujian kompetensi yang juga sesuai dengan jurusan yang diambil.

Kadet tersebut merupakan calon perwira sehingga saat melakukan praktik wajib, mereka juga harus mempelajari pekerjaan dan tugas-tugas seorang perwira sesuai dengan departemennya. Akan tetapi meskipun melakukan praktik wajib selama 12 bulan, para taruna atau kadet tersebut tetap wajib mengerjakan tugas yang diberikan oleh sekolah seperti membuat dan mengirimkan laporan kegiatannya selama di atas kapal.

Pekerjaan kadet deck dan tugasnya

Dalam melakukan praktik pelayaran ini biasanya terbagi menjadi 2 bagian tugas yaitu pada bagian deck dan mesin. Kadet deck sendiri merupakan taruna yang dalam kegiatan praktiknya lebih fokus kepada bagian deck. Selama 12 bulan tersebut tugas kadet deck juga dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jabatan yang ada di deck department.

Berikut adalah beberapa tugas dari kadet deck:

  1. Pada tiga bulan pertama, kadet deck akan mengikuti kerja harian dengan bosun dengan tugasnya seperti belajar mengenai tugas yang dilakukan secara harian misalnya sounding tangki-tangki dan melakukan perawatan kapal. Selain itu kadet deck juga belajar mengenai nama dan juga fungsi dari bagian-bagian yang ada pada kapal.
  2. Di tiga bulan kedua, kadet deck mengikuti tugas dan juga kerja harian dari mualim 3. Kadet deck akan belajar mengenai tanggung jawab dan juga tugas dari mualim 3 di pelabuhan dan di laut. Beberapa hal yang akan dilakukan kadet deck dengan mualim 3 adalah:
  • Merawat alat keselamatan seperti pemadam, sekoci dan lain-lain.
  • Saat melakukan jaga di laut, kadet deck akan belajar mengenai navigasi dan juga mengisi jurnal.
  • Belajar membuat ship condition.
  • Kadet deck juga akan belajar mengenai bagaimana cara untuk melakukan perintah dari anjungan ke haluan.
  • Jika mualim 3 memiliki tugas untuk mengurusi berkas atau dokumen, maka kadet deck juga akan mempelajari hal tersebut.

3. Pada tiga bulan ketiga, kadet deck akan belajar mengenai tugas dan tanggung jawab dari mualim 2. Kadet deck akan belajar mengenai pengetahuan tentang navigasi hingga belajar membuat noon report.

4. Di tiga bulan keempat kadet deck akan belajar mengenai tugas dan tanggung jawab dari mualim 1. Dimana kadet deck akan belajar mengenai stabilitas kapal, bangunan kapal, konstruksi kapan dan banyak lagi. Selain itu kadet deck juga akan belajar mengenai sistem bongkar muat dan juga dokumen yang dibutuhkan.

Demikian adalah artikel mengenai pekerjaan kadet deck yang tentunya sangat penting saat mencari lowker pelaut ketika sudah lulus dari akademi pelayaran.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here