5 Persiapan Menjadi Pelaut Sukses: Pendidikan Hingga Dokumen

0
287
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Menjadi persiapan menjadi pelaut sukses adalah keinginan sebagian orang. Walaupun berisiko, nyatanya pendapatan yang akan mereka dapatkan cukup tinggi. Tetapi, untuk menjadi pelaut yang sukses dengan pendapatan tinggi tentunya tidak mudah. Jadi, Anda harus menyiapkan beberapa persiapan ketika ingin menjadi pelaut.

Inilah berbagai persiapan menjadi pelaut sukses

1. Pendidikan yang sesuai

Pendidikan yang sesuai merupakan langkah awal yang baik ketika ingin menjadi pelaut yang sukses. Jika saat ini Anda sedang menempuh pendidikan SMA, SLTA, SMK, ataupun MA dan ingin menjadi pelaut. Maka banyak-banyaklah mencari tahu tentang pendidikan akademi pelaut.

Perlu diketahui jika saat ini ada dua jurusan jika Anda ingin melanjutkan akademi dan bercita-cita melamar di lowker pelaut:

  • Jurusan Nautika. Jurusan Nautika adalah jurusan untuk pelaut yang menginginkan posisi di atas kapal sebagai kapten atau nakhoda kapal.
  • Jurusan Tekhnika. Jurusan Tekhnika adalah jurusan untuk pelaut yang menginginkan posisi sebagai ahli mesin dengan posisi tertinggi sebagai Chief Engineer.

Baik jurusan Nautika ataupun Tekhnika semuanya memiliki prospek kerja yang luas dengan pendapatan yang tinggi. Tetapi pada umumnya, harga akademi kepelautan cukup mahal.

Jadi bagi para orang tua, jika anaknya bercita-cita menjadi pelaut. Ada baiknya masukkan ke dalam SMK pelayaran. Bahkan materi dan pembelajaran hampir sama seperti akademi kepelautan.

2. Mampu berbahasa Inggris yang baik

Cara menjadi pelaut yang sukses yang kedua adalah Anda dituntut mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Ketatnya persaingan membuat pelaut harus benar-benar mempersiapkan diri dengan cara menguasai bahasa Inggris.

Tak harus mahir, minimal bisa memahami dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, pelaut sudah bisa masuk ke perusahaan kapal asing. Jadi, jika ingin menjadi pelaut yang sukses perhatikan kemampuan bahasa Inggris.

3. Kelengkapan dokumen

Dokumen yang paling penting ketika menjadi pelaut adalah sertifikat profesi, paspor, buku pelaut, serta sertifikat pendukung lainnya. Dokumen-dokumen tersebut sangat penting agar bisa masuk dan diterima dengan baik oleh perusahaan besar.

4. Pengalaman

Pengalaman yang cukup juga menjadi faktor utama agar para pelaut sukses bisa mendapatkan pendapatan tinggi. Bagi mereka yang sekolah di pelayaran sangat beruntung karena sudah memiliki ijazah pelaut. Jadinya mereka hanya terus mengikuti pola yang sudah disesuaikan selama latihan praktik.

5. Tingkatkan level ijazah kompetensi

Untuk mendapatkan gaji tinggi tentunya harus meningkatkan posisi atau jabatan sampai ke yang paling tertinggi. Itulah sebabnya meningkatkan level ijazah kompetensi sangat penting.

Setiap pelaut akan diberikan masa upgrade level ijazah pengalaman setiap 2 tahun sekali. Pada kesempatan itu, upgrade ijazah agar bisa mendapatkan kesempatan bekerja dengan gaji yang berkali-kali lipat.

Itulah tadi 5 persiapan menjadi pelaut sukses. Jika Anda tertarik menjadi pelaut tak ada salahnya untuk mempersiapkan diri, belajar, dan memahaminya. Serta jangan lupa untuk mengajukan lamaran di lowker yang tersedia.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here