Proses Pengelasan Kapal, Jenis dan Aturan Keamanannya

0
442
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Layaknya badan transportasi pada umumnya kapal pun juga mengalami proses pengelasan. Pengelasan kapal ini bertujuan untuk membuat bentuk bodinya menjadi halus dan rata. Hal ini juga cukup penting untuk memberikan keseimbangan pada saat berlayar. Pengelasan ini di butuhkan pada beberapa bagian tertentu pada kapal yang membutuhkan.

Mengenal Pengelasan Kapal

  1. Bagian yang Membutuhkan Pengelasan

Pengelasan ini dilakukan untuk proses perbaikan atau perawatan agar struktur bodynya tetap terjaga dengan baik. Adapun bagian-bagian yang membutuhkan proses pengelasan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Metal sprying

Bagian ini sering mengalami penipisan atau pengikisan sehingga perlu penambahan logam dengan cara pengelasan. Pengelasan dilakukan untuk membuat bagian bodinya tetap rata dan seimbang.

  • Doubling

Pada bagian ini pengelasan dilakukan untuk mengatasi kebocoran pada plat lambung, lunas ataupun tank top.

  • Plat

Untuk bagian ini pengelasan dilakukan karena sudah menipis atau keropos.

  • Repair

Untuk proses ini yang dilakukan adalah pipa yang sudah pecah atau bocor baik untuk menambal atau menggantinya dengan yang baru.

2. Salah satu jenis las yang banyak digunakan Pelaut welding adalah las listrik. Ternyata las listrik sendiri memiliki beberapa jenis yang umum digunakan sebagai berikut:

  • Las Listrik Ganda

Jenis las pertama ini mengandalkan arus tukar dari AC dan juga DC. Itulah mengapa las listrik yang satu ini diberikan nama arus ganda. Pengguna bisa memilih salah satu pengaturan yang dirasa lebih efisien dengan memutar pengatur arusnya saja.

  • Las Listrik Arus Rata

Jenis kedua ini memanfaatkan arus hanya dari DC saja. Arus yang diperoleh berasal dari AC kemudian diubah menjadi bentuk DC oleh rectifier. Jika pengguna memilih las yang ini akan mendapatkan kelebihan sebagai berikut:

  1. Tidak akan mengalami kebisingan
  2. Bisa memakai berbagai macam jenis elektroda dengan bebas
  3. Busur menyala lebih stabil dari biasanya
  • Las Listrik Arus Tukar

Jenis yang terakhir ini memanfaatkan arus dari AC saja. Hanya saja ketika pengguna memilih memakai jenis las yang satu ini membutuhkan arus dan tegangan yang cukup tinggi untuk bisa menjalankannya.

Syarat keselamatan pelaut saat pengelasan kapal

Yang perlu diperhatikan pengguna ketika ingin mencoba Lowker pelaut adalah mengutamakan keselamatan dan juga profesionalitas seperti di bawah ini:

  • Selalu gunakan alat pelindung diri saat melakukan pekerjaan.
  • Gunakan dan patuhi setiap prosedur yang harus dilakukan pada ruangan tertutup sekalipun.
  • Ingatlah pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah mendapatkan izin bekerja. Segala macam pekerjaan yang dilakukan di atas kapal harus benar-benar dilakukan secara profesional karena menyangkut keselamatan dan juga hasil kerja yang memuaskan.

Itulah beberapa hal terkait dengan pengelasan kapal yang perlu diketahui oleh pengguna khususnya Anda yang bekerja di bidang kapal atau menjadi pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here