Segala Hal Tentang Profesi Pelaut: Dari Pendapatan Hingga Tugas

0
244
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Profesi pelaut adalah orang yang bekerja di atas kapal. Tak hanya satu jenis kapal, pelaut juga bisa bekerja di kapal mana pun. Misalnya kapal angkut, kapal pesiar, ataupun kapal tanker. Dengan banyaknya jenis kapal, maka berbeda pula setiap tugas yang diberikan kepada pelaut.

Pendapatan per bulan profesi pelaut

Seimbang dengan risiko yang akan mereka hadapi. Rata-rata gaji per bulan para pelaut sangat tinggi. Tentu saja pendapatan tersebut sebanding dengan tantangan dan risiko yang mereka hadapi selama masa bertugas.

Tak hanya itu, tingginya pendapatan juga ditentukan dari kinerja dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelaut. Jika semakin bagus kinerja, maka akan semakin tinggi pula pendapatan. Bahkan akan mendapatkan bonus.

Jika pertanyaan Anda mengenai apa itu profesi pelautsudah terjawab. Maka selanjutnya akan membahas tugas-tugas yang dijalankan oleh pelaut selama di kapal.

Tugas-tugas Pelaut

1. Membuat patokan arah

Tugas pelaut yang pertama adalah membuat patokan arah dengan menggunakan radar laut, lampu penanda, mercusuar, kedalaman air, dan cuaca. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kapal sampai ke tempat tujuan dengan arah yang benar, lancar, dan aman.

2. Membuat rute pelayaran

Selain membuat patokan arah, pelaut juga dituntut untuk membuat rute pelayaran. Hal ini bertujuan agar kapal dapat melewati jalur terbaik tanpa halangan dan hambatan. Dengan begitu kapal dan seluruh awak yang dibawa akan sampai dengan selamat.

3. Memeriksa kelengkapan dan fungsi bagian kapal

Sudah menjadi tugas wajib jika pelaut harus memeriksa setiap fungsi bagian kapal apakah mampu beroperasi dengan baik atau tidak. Dengan begitu keselamatan para awak kapal akan terjamin.

Selain itu pelaut juga berperan penting dalam memeriksa segala kelengkapan kapal. Misalnya kelengkapan untuk keselamatan. Semuanya harus diperiksa sesuai dengan standar dan peraturan yang telah ditetapkan.

Jika Anda tertarik menjadi pelaut di salah satu kapal, bisa ajukan lamaran di lowker pelaut yang ada di sosial media.

4. Mengoperasikan radio

Seorang pelaut juga dituntut untuk bisa mengoperasikan radio sebagai media komunikasi antara kapal dan menara pengawas. Tugas pelaut mengoperasikan radio agar kapal terhindar dari bahaya alam ataupun human error. Dengan begitu kapal bisa sampai ke pelabuhan tempat tertuju dengan aman.

5. Mengatur muatan kapal

Pelaut juga dituntut untuk pintar mengatur muatan yang akan dibawa agar tidak memberatkan laju kapal. Tak hanya itu, pelaut juga harus pintar mengatur persediaan air tawar yang cukup untuk seluruh awak kapal.

6. Membaca alat pengukur

Tugas pelaut memang banyak dan terbilang cukup berat, jadi itulah sebabnya gaji per bulan mereka sangat tinggi. Bahkan pelaut juga dituntut untuk bisa membaca alat pengukur. Dengan alat pengukur maka pelaut bisa tahu tingkah udara, oksigen, dan cairan hidrolik di dalam kapal. Dengan begitu keamanan semua awak kapal akan terjamin.

Demikianlah penjelasan mengenai profesi pelaut bagi Anda yang masih asing dengan profesi ini. Tertarik menjadi pelaut?

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here