Cara Dapat Buku Pelaut Sebagai Syarat Penting Untuk Bekerja

0
224
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Salah satu kewajiban pelaut adalah memiliki buku pelaut. Itulah pentingnya untuk mengetahui cara dapat buku pelaut ini. Bahkan saat ini pengurusan dari buku ini sudah cukup canggih karena selesai dengan cara online saja. Namun meskipun begitu Anda tetap harus menyiapkan semua syaratnya dengan lengkap.

Cara Dapat Buku Pelaut Sebagai Syarat Penting Untuk Bekerja

  1. Surat pernyataan

Kebutuhan pertama untuk bisa membuka buku pelaut adalah dengan menyediakan surat pernyataan. Suratnya berisikan tentang keterangan terkait belum dimilikinya buku pelaut ini. Alasannya karena ketika pelaut sudah memiliki namun butuh perpanjangan atau hilang ada syarat lain yang disiapkan.

Surat ini harus disiapkan sesuai dengan format yang telah disediakan jangan sampai salah. Pastikan semua komponen yang harus masuk ke dalamnya terdata dengan baik agar mempersingkat waktu pengurusannya.

  1. Sertifikat pelaut

Syarat berikutnya untuk mengajukan cara dapat buku pelaut terbaru ini adalah terkait sertifikat pelaut. Jika yang dimiliki masih dalam bentuk online lebih baik print out untuk mempermudah proses pengurusannya. Namun jika memang sudah bentuk aslinya lebih baik berikan salinannya.

Dalam hal ini Anda bisa memberikan semua sertifikat kapal sesuai tingkatannya untuk mempermudah. Setelah itu baru dipilah sertifikat mana yang bisa digunakan dan mana yang tidak perlu. Sebaiknya lebih jaga-jaga sesuai kebijakan baru dari buku pelaut terkait.

  1. KTP

Syarat berikutnya adalah terkai dengan adanya kartu identitas yang diberikan. Anda bisa menyediakan KTP asli lengkap dengan salinannya. Ketika mendaftar secara online lebih baik siapkan dalam bentuk scanning namun jika offline berikan fotocopynya. Siapkan saja versi lain dari KTP ini untuk mempermudah upload berkas atau pengumpulannya.

  1. Pas foto

Syarat kelima untuk lowker pelaut ini adalah harus menyertakan pas foto terbaru. Jadi Anda tidak bisa menggunakan foto yang lama agar lebih mudah dikenali. Ukuran dari foto yang diminta adalah 3×4 dan 5×5 masing-masing membutuhkan sebanyak 3 lembar. Sementara untuk latar belakangnya juga ada ketentuannya, bagi pelaut bagian deck berwarna biru. Untuk mesin latar belakangnya merah.

  1. Check kesehatan

Berikutnya adalah pelaut harus melakukan medical check yang lengkap di rumah sakit terpercaya untuk melihat kondisi kesehatannya. Anda harus memastikan kondisi tubuh sehat dan terbebas dari penyakit kronis yang berbahaya. Sehingga bisa bertugas dengan baik nantinya.

  1. Data sertifikat dan SKCK

Syarat keenam dalam hal ini adalah melampirkan terkait data sertifikat yang dilampirkan. Anda juga harus melampirkan SKCK terbaru dengan mengurusnya secara langsung. Setelah semua syarat itu lengkap maka pengajuannya menjadi lebih mudah.

Dengan adanya syarat untuk cara dapat buku pelaut tentunya mempermudah pelaut menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Mereka yang membutuhkan bisa menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum mengurusnya. Terlebih karena buku ini menjadi syarat penting dalam bekerja.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here