Cara Perpanjang Buku Pelaut Dengan Syarat Dan Alur Yang Tepat

0
175
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sudah memiliki buku pelaut tentu Anda tidak bisa berhenti begitu saja ternyata buku ini juga memiliki masa berlaku. Jadi pahami dengan benar yang bisa dilakukan untuk cara perpanjang buku pelaut. Hal ini juga memerlukan syarat dan alur yang tepat untuk mendapatkan buku pelaut yang baru.

Cara Perpanjang Buku Pelaut Dengan Syarat Dan Alur Yang Tepat

  1. Buku pelaut asli

Hal pertama yang dibutuhkan untuk pengurusan ini adalah berkaitan dengan adanya buku pelaut asli. Jadi Anda tetap harus membawa buku pelaut yang sudah tidak berlaku tersebut untuk diperpanjang. Sehingga data-data yang sudah ada sebelumnya tidak akan hilang dan tetap terekam dengan baik.

Semua ini harus terurus dengan jelas dan lengkap jangan sampai menghilangkan bukunya karena ceroboh. Semuanya masih dalam satu kesatuan yang tidak bisa ditinggalkan salah satunya.

  1. KTP

Syarat kedua dalam cara perpanjang buku pelaut dan syaratnya ini adalah terkait dengan pelampiran KTP. Seperti halnya proses pengurusannya untuk penyamaan data yang diberikan dari buku sebelumnya dengan pemilik diperlukan KTP. Anda bisa membawa yang asli dan juga salinannya sesuai kebutuhan.

KTP ini juga harus dilihat masa berlakunya karena yang diminta hanyalah yang aktif dan masih berlaku. Jika memiliki kendala terkait dengan mas aktif KTP lebih abik diurus terlebih dahulu sebelum lanjut.

  1. Medical chekup

Meskipun pada proses pengurusan sebelumnya sudah dilakukan pengecekan kesehatan namun untuk perpanjang juga harus cek lagi. Hal ini bertujuan untuk mengecek kondisi terbaru dari pelaut terkait penyakit lama yang sembuh atau adanya gangguan kesehatan lainnya. Sehingga proses berlayar pelaut tentunya bisa lebih lancar lagi nantinya.

Segala bentuk gangguan kesehatan dan perkembangan kesehatan dari pelaut otomatis akan dimasukkan ke dalam buku terkait. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan data atau data lain yang belum sempat masuk.

  1. Ketrampilan dan keahlian pelaut

Lampirkan juga mengenai salinan dokumen ketrampilan yang dimiliki oleh pelaut dalam lowker pelaut perpanjangan buku ini. Lampirkan saja semua ketrampilan yang dimiliki beberapa tahun ini pastikan juga belum masuk di buku sebelumnya. Inilah pentingnya pelaut selalu belajar ketrampilan lainnya. Begitu juga dengan keahlian lain seperti dokumen sertifikat dan pendukung lainnya.

  1. Surat permohonan

Lengkapi dengan surat permohonan yang berisikan tentang pengajuan perpanjangan buku pelautnya. Jangan sampai salah menuliskan untuk pembuatan surat yang baru. Ikuti format dan komponen apa saja yang harus masuk ke dalam surat terkait. Hal ini sangat mendukung proses pembuatannya menjadi lebih cepat.

Dengan adanya cara perpanjang buku pelaut ini tentu memberikan kemudahan pelaut untuk tetap mendapatkan catatan penting. Terlebih saat ini pengurusannya sudah bisa secara online jadi lebih mudah dan praktis nantinya jika akan mengubah atau memperpanjang masa berlakunya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here