Jenis-jenis Mesin Kapal Penting yang Perlu Anda Tahu

0
156
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Mesin kapal adalah bagian pendukung kapal yang penting agar bisa berlayar dengan baik. Di dalam kapal ternyata juga tidak hanya ada mesin inti saja. Ada juga beberapa alat tambahan yang bisa mencakup semua perlengkapan guna mendukung pelayaran. Jika Anda ingin menjadi seorang pelaut khususnya bagian mesin, maka sangat penting untuk mengetahui beberapa jenis mesin yang digunakan.

Berbagai macam jenis mesin kapal yang perlu Anda tahu

  1. Alat komunikasi dan navigasi

Ketika berlayar, alat komunikasi dan juga navigasi sangatlah penting ada dalam kapal. Biasanya alat tersebut seperti perlengkapan komunikasi, alat ukuran dan juga radio. Semua alat tersebut akan berguna untuk membantu memantau kerja mesin yang dilakukan pekerja kapal. Selain itu juga berguna untuk membantu memantau keadaan laut ketika berlayar.

2. Pipa

Susunan mesin kapal yang selanjutnya adalah sistem penataan. System tersebut terbuat dari beberapa katup dan juga pipa. Fungsinya untuk membantu mengalirkan air tawar, uap, air laut, minyak dan berbagai macam jenis cairan yang lainnya juga.

3. Baling-baling dan poros

Baling-baling atau yang juga disebut dengan propeler ini akan bertugas untuk membantu menjalankan kapal dengan baik. Baling-baling akan dihubungkan daripada mesin menggunakan poros.

Jadi poros tersebut nantinya akan bekerja untuk menjadi penghubung antara baling-baling dengan mesin induk. Dengan begitu baling-baling juga bisa berputar dengan aman dan lancar.

4. Ketel

Ketel yang ada pada kapal ini juga dinamakan dengan boiler. Mesin ini berguna untuk membantu membangkitkan. Uap tersebut nantinya akan digunakan untuk menghasilkan tenaga penggerak sehingga kapal bisa melaju. Selain itu, fungsi dari ketel ini juga untuk membantu sumber daya guna pemanasan.

5. Mesin bantu

Sesuai dengan namanya, mesin bantu ini akan berguna untuk menjadi pendukung cara kerja dari mesin utama. Mesin bantu akan membantu agar mesin utama bisa tetap bergerak guna menjalankan kapal tersebut.

Selain itu, mesin bantu juga membantu semua mesin untuk melakukan bongkar muat namun tidak termasuk bagian ketel uapnya. Jika Anda hendak menjadi pelaut dari lowker pelaut bagian mesin, maka penting mengetahui bagian-bagian tersebut.

6. Mesin induk

Jenis mesin yang terakhir pada kapal adalah mesin induk. Mesin induk ini juga bisa dikatakan sebagai mesin utama yang menggerakkan sebuah kapal. Mesin induk akan menghasilkan tenaga sehingga bisa mendorong kapal menggunakan poros yang ada pada baling-baling. Dalam kata lain kapal tidak bisa berlayar tanpa menggunakan mesin utamanya.

Sebuah kapal bisa berjalan dengan baik berkat adanya mesin kapal yang digunakan. Namun selain itu juga ada beberapa jenis mesin atau komponen lainnya. Komponen tersebut berguna untuk mendukung kinerja mesin utama agar tetap bisa bekerja dengan baik. Tentunya bagi Anda yang ingin bekerja di kapal, lebih baik tahu jenis mesin di kapal seperti ini.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here