Persyaratan Masuk Pelayaran dan Dokumen Pentingnya

0
414
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali sekolah khusus untuk pelayaran. Namun jika Anda berkeinginan untuk masuk di sekolah tersebut ada beberapa persyaratan masuk pelayaran yang harus Anda ikuti.

Menjadi seorang pelaut merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan dan banyak diminati. Hal ini karena Indonesia yang merupakan negara maritim menjadikan pekerjaan sebagai seorang pelaut memiliki kesempatan yang luas. Selain itu juga karena lowongan kerja pelaut pelayaran bisa didapatkan setelah lulus dari sekolah tinggi pelayaran. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk masuk pelayaran

Persyaratan masuk pelayaran yang penting untuk diperhatikan

Persyaratan masuk untuk menjadi seorang pelaut atau pelayaran ada 3 jenis syarat yaitu secara umum, khusus dan persyaratan dokumen.

Persyaratan secara umum:

  1. Baik pria atau wanita memiliki usia maksimal 23 tahun saat mendaftar.
  2. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam masa pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan membuat surat pernyataan.
  3. Memiliki tinggi badan pria minimal 160 cm dan wanita 155 cm untuk nautika. Untuk teknika pria dengan tinggi minimal 160 cm. dan untuk KALK minimal tinggi badan pria 160 cm dan wanita 155 cm.
  4. Menyerahkan pas foto berukuran 4×6 sebanyak 4 lembar dengan background foto berwarna merah. Menyerahkan fotokopi nilai UN, akta kelahiran, STTB dan menyerahkan surat keterangan dari desa bahwa belum menikah.

Persyaratan khusus:

  1. Untuk yang ingin masuk jurusan nautika maka harus lulusan dari SMA IPA atau SMK pelayaran.
  2. Jurusan teknika harus lulusan SMA IPA atau SMK pelayaran atau SMK dengan jurusan teknik otomotif, teknik mesin, teknik ketenagalistrikan, teknik perkapalan, teknik pengelasan kapal, teknik instrumentasi industri, dan teknik mekatronika.
  3. Jurusan KALK lulusan SMA dengan jurusan IPA atau IPS diperbolehkan dan SMA dengan jurusan bidang keahlian bisnis, administrasi perkantoran. Pemasaran, akuntansi, asuransi dan usaha kecil menengah dan perbankan.

Persyaratan dokumen yang harus dipenuhi

  • Formulir pendaftaran sekolah tinggi yang dituju dan sudah diisi
  • Fotokopi KK, KTP, dan SKCK
  • Fotokopi akta kelahiran
  • Fotokopi nilai yang sudah dilegalisir
  • Fotokopi dan ijazah asli dari sekolah yang sudah dilegalisir
  • Pas foto 3×4 3 lembar hitam putih
  • Surat keterangan belum menikah dari kelurahan
  • Surat pernyataan tidak menikah selama menempuh pendidikan
  • Surat izin dari wali atau orang tua

Selain beberapa persyaratan di atas, Anda yang ingin masuk sekolah tinggi pelayaran juga harus memiliki fisik yang kuat. Anda bisa mencoba melatihnya mulai dari sekarang dengan jogging, berenang, atau latihan fisik yang lain.

Selain itu Anda juga harus punya mental yang kuat karena job pelaut pelayaran memiliki tekanan yang cukup berat. Selain kesehatan mental Anda juga perlu memiliki kesehatan fisik yang bagus dan terhindar dari penyakit yang merupakan salah satu syarat utama masuk sekolah tinggi pelayaran. Namun, hal yang juga penting adalah mengenai biaya. Anda harus mempersiapkan biaya yang tidak sedikit agar bisa masuk sekolah pelayaran.

Demikian adalah beberapa persyaratan masuk pelayaran yang penting untuk Anda perhatikan.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here