5 Jenis dan Fungsi Alat Keamanan Kapal yang Perlu Anda Tahu

0
176
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Keamanan kapal menjadi hal yang sangat wajib diperlukan. Mengingat ketika sudah menjadi seorang pelaut, maka akan berada di laut untuk jangka waktu yang lama. Bahkan bisa beberapa bulan lamanya.

Berbeda dengan di darat ketika terjadi bahaya, maka Anda bisa meminta bantuan banyak orang atau menghubungi polisi dengan segera. Namun jika di laut, maka Anda mau tidak mau harus berusaha bekerja sama dengan pelaut lainnya agar bisa selamat.

Itulah mengapa banyak sekali alat keamanan yang ada di atas kapal. Berbagai macam alat penyelamat tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis alat untuk keamanan kapal.

Jenis dan fungsi alat keamanan kapal

  • Isyarat visual

Alat yang satu ini berfungsi untuk tanda atau memberikan isyarat pada penyelamat. Ketika Anda terlantung-lantung di lautan dan butuh pertolongan dengan segera, maka alat ini digunakan untuk memberitahukan regu penyelamat. Isyarat ini hanya bisa dilihat dengan mata ketika di siang hati menggunakan isyarat asap apung. Sedangkan untuk di malam hari bisa menggunakan obor parasut atau obor tangan.

  • Pelempar tali penolong

Roket pelempar tali ini berguna untuk penghubung antara kapal yang ditolong dengan yang akan menolong. Hal ini agar mempermudah regu penolong untuk bisa menjangkau korban. Alat ini biasanya akan digunakan dalam kondisi yang darurat. Untuk jarak yang bisa dijangkau oleh tali ini sekitar 230 meter.

  • Jaket penolong

Ketika Anda sudah menjadi pelaut dari lowker pelaut, maka sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. Jaket penolong atau life jacket merupakan jaket yang penting untuk keselamatan ketika ada dalam kondisi darurat. Jaket ini digunakan ketika dalam keadaan darurat Anda harus meninggalkan kapal agar tidak tenggelam.

Warna yang mencolok memang disengaja agar lebih mudah dilihat oleh regu penolong. Selain itu biasanya juga ada peluit yang bisa digunakan untuk menarik perhatian. 

  • Rakit penolong kembung

Sesuai dengan namanya, rakit ini digunakan dalam keadaan darurat dimana Anda harus meninggalkan kapal. Ada dua jenis rakit yaitu rakit yang dikembangkan dan rakit kaku. Rakit yang dikembangkan akan berbentuk kapsul yang bisa digunakan pelaut dalam jumlah banyak. Rakit tersebut akan dilemparkan ke laut terlebih dulu kemudian talinya ditarik untuk mengembangkannya.

Kedua perlengkapan keamanan kapal ini memiliki warna yang mencolok agar lebih mudah terlihat. Selain itu di dalamnya, juga dilengkapi dengan obat-obatan, makanan dan minuman.

  • Ring Life Buoys

Ban pelampung ini memiliki fungsi untuk membantu korban agar bisa mengapung di lautan. Pelampung ini akan dilemparkan ke laut jika ada korban yang jatuh ke laut.

Biasanya keamanan kapal ini akan terbuat dari bahan gabus pejal dan bisa tahan minyak. Untuk itulah biasanya ketika Anda bekerja di kapal, jenis pelampung ini banyak ditemukan sebagai bagian dari keamanan yang penting di kapal terutama bagi para penumpang.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here