Lakukan Persiapan Menjadi Pelaut Agar Dapat Sukses Meraih Impian

0
432
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Ternyata menjadi seorang pelaut tidak bisa terburu-buru. Ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan dalam persiapan menjadi pelaut. Pelaut hanya bisa didapatkan untuk orang-orang yang serius dalam meraih mimpinya. Tidak untuk yang asal-asalan saja dengan membanggakan profesi tersebut.

Lakukan Persiapan Menjadi Pelaut Agar Dapat Sukses Meraih Impian

  1. Tingkatan pertama pendidikan

Secara umum menjadi seorang pelaut harus melewati beberapa tingkatan pendidikan penting di dalamnya. Hal ini berkaitan dengan materi apa saja yang akan dipelajari dari satu kelas ke kelas lainnya. Semuanya saling berkaitan sehingga tidak bisa langsung melewati tingkatan dan harus urut.

Pada tingkatan pertama ini seorang pelaut akan dibawa untuk mempelajari terkait jenis kapal. Mereka akan dibawa untuk menelaah lebih dalam terkait kapal apa saja yang bisa ditumpangi serta syarat yang harus diperlukan. Selain itu dalam hal ini juga membutuhkan pemahaman terkait struktur organisasi dalam kapal.

Secara umum dalam tingkat pertama ini pelaut akan dibawa untuk belajar tentang basic perkapalan dan organisasinya. Sehingga memiliki bekal persiapan menjadi pelaut terpercaya yang maksimal untuk tahapan berikutnya. Bekal pertama ini umumnya lebih ke arah teori dan penjelasan masing-masing komponennya.

  1. Tingkat menengah

Setelah lulus dan selesai dari materi tingkat pertama maka pelaut bisa lanjut untuk menempuh tingkat kedua atau menengah. Pada kegiatan ini juga masih banyak menggunakan sisi teori dan penghafalan. Diharapkan pelaut hafal masing-masing komponen yang diajarkan agar praktiknya nanti menjadi lebih mudah.

Materi yang diajarkan dalam tingkat menengah ini meliputi alat-alat keselamatan dan navigasi. Awalnya pelaut akan belajar macam-macam alat dan cara penggunaannya untuk keselamatan selama di kapal. Jadi penting hukumnya untuk mengenal masing-masing fungsi dan cara kerjanya.

Dalam hal ini pelaut juga akan mendapatkan kesempatan untuk praktik ringan terkait dengan keselamatan yang dilakukan. Pengajaran ini berguna untuk melihat seberapa sigap pelaut dalam memutuskan sesuatu dikala waktu mepet. Keputusan ini mempengaruhi keselamatan seluruh awak kapal.

  1. Tingkat tiga

Setelah selesai menempuh materi pada kelas menengah maka lowker pelaut bisa lanjut ke tingkat tiga. Dalam hal ini pelaut akan fokus untuk mempelajari masalah komunikasi atau bahasa yang digunakan untuk pelaut. Hal ini berkaitan dengan standar penting yang harus diperhatikan di dalamnya. Ada beberapa kode penting dan rahasia untuk dipelajari masing-masing bentuk dan artiannya.

Anda harus siap menyerahkan diri pada alam kapan pun itu. Menjadi seorang pelaut langsung berhubungan dengan negara dan laut yang berbeda. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi di luar sana. Sehingga keberanian dan mental yang kuat harus selalu dimiliki.

Dengan adanya persiapan menjadi pelaut ini diharapkan calon pelaut menjadi lebih siap nantinya. Hal ini sangat penting untuk Anda yang berniat menjadi pelaut suatu saat nanti.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here