Mengenal Fungsi Alat Keselamatan Kapal Yang Penting Diketahui Pelaut

0
745
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Dalam mengoperasikan sebuah kapal ada yang namanya alat keselamatan kapal. Sementara itu jenis dan fungsinya cukup beragam untuk digunakan. Biasanya pelaut akan menggunakan salah satu atau beberapa di antaranya untuk mempermudah eksekusinya. Masing-masing penyelamat ini sangat mendukung proses penyelamatan kapal.

Mengenal Fungsi Alat Keselamatan Kapal Yang Penting Diketahui Pelaut

  1. Isyarat asap

Alat keselamatan pertama yang bisa digunakan adalah Isyarat asap. Biasanya isyarat yang satu ini diberikan ketika terdapat tanda bahaya atau terjadinya suatu bahaya. Sehingga Anda bisa memunculkan gumpalan asap yang mengepul. Hanya saja isyarat ini cocok digunakan pada siang hari saat pandangan belum kabur. Sementara untuk malam hari cukup gunakan obor parasut atau dengan obor tangan sesuai kebutuhan.

  1. Pelindung panas

Kemudian alat keselamatan kapal terbaru yang kedua ada pelindung dari panas. Sesuai dengan namanya alat pelindung ini digunakan untuk menghilangkan rasa panas pada badan. Bisa juga digunakan untuk pelindung tubuh dari kepanasan agar suhunya tetap stabil pastinya.

  1. Immersion Suit

Alat ketiga yang bisa dipakai untuk melindungi adalah Immersion Suit. Kinerja dari alat ini kebalikan dari sebelumnya. Immersion memberikan bantuan pada tubuh agar tidak merasa kedinginan karena air laut. Biasanya ketika terlalu lama di laut maka suhu tubuh akan menurun dan kedinginan. Dengan adanya pelindung ini maka suhu tubuh bisa normal kembali.

  1. Tali penolong

Alat pertolongan keempat yang bisa digunakan adalah tali penolong. Dalam lowker pelaut alat ini digunakan untuk menolong korban yang berdekatan dengan kapal. Biasanya untuk menolong orang yang tenggelam agar bisa dibawa masuk ke dalam kapal. Tali ini bentuknya cukup kuat dan aman ketika digunakan.

  1. Rakit penolong tiup

Jenis berikutnya untuk alat pertolongan ada rakit penolong tiup. Penolong ini digunakan untuk menurunkan sekoci dalam kapal. Tujuannya berguna untuk menolong penumpang yang tercebur ke dalam laut.

Bentuknya cukup unik dan dilengkapi dengan penutup sehingga orang yang ada di dalamnya bisa terlindungi maksimal. Warnanya sengaja dibuat lebih mencolok. Tujuannya agar lebih mudah dikenali dan dilihat.

  1. Jaket penolong

Jenis selanjutnya untuk alat pertolongan adalah berupa jaket. Bentuknya seperti pelampung dengan warna yang mencolok. Sehingga dalam laut terlihat cukup jelas dan memudahkan sistem evakuasi. Jaket ini memungkinkan penggunanya tetap mengapung dalam kondisi aliran yang deras sekalipun. Sehingga proses eksekusi pertolongannya menjadi lebih mudah nantinya.

Dengan adanya alat keselamatan kapal maka eksekusi pertolongan yang diberikan bisa lebih mudah dan menguntungkan. Karena itulah penting bagi semua pelaut untuk mengetahui semua alat tersebut.

Alat ini sengaja didesain sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masing-masingnya. Sehingga dibuat dalam bentuk dan jenis yang banyak agar tidak salah menggunakannya. Penting hukumnya untuk pelaut tahu dan mengenal fungsi dari alat yang digunakan ini.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here