Lowongan Koki Kapal Supply dan Jabatannya

0
452
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Lowongan koki kapal supply menjadi pilihan bagi yang bercita-cita jadi pelaut dengan jabatan sebagai koki atau pembantu koki. Sebenarnya di atas kapal ada tiga departemen yaitu departemen deck, departemen mesin dan departemen catering.

Ini dia jabatan di lowongan koki kapal supply

Nah, bagi yang suka memasak atau yang bermimpi menjadi chef atau asisten chef lebih dalam harus mengetahui apa saja tugas para profesi tersebut. Meskipun departemen catering memiliki kewajiban untuk berbagai hal menyangkut kuliner atau sajian makanan di atas kapal, binatu serta kebersihan baik dari peralatan yang dilakukan juga dari bahan yang digunakan.

Departemen catering sesuai dengan namanya yaitu terkait dengan penyediaan makanan, namun untuk berbagai pejabat kapal dan abk kapal. Tetapi tingkatan profesi tersebut terbagi 3 yang tentunya antara tingkatan tinggi dengan tingkat bawahan harus saling membantu agar proses penyediaan dan memasak makanan berjalan dengan baik. 3 jabatan yang ada di departemen catering yaitu:

1. Chief cook

Jabatan tertinggi di departemen catering sebagai kepala cook. Tanggung jawabnya di atas kapal departemen catering meliputi memberi laporan atau melaporkan kepada mester, melakukan pengawasan kepada second cook dan pelayan atau pembantu kepala cook. Semua aspek tersebut baik dari segi kedisiplinan, kebersihan atau aspek lain yang berkaitan. Info lowker lowongan koki bisa dicari di media sosial perusahaan atau agen kapal pesiar.

Kepala cook juga bertugas me-manage anggaran dan mengontrol resep atau pedoman makanan sesuai batas-batas yang ditentukan oleh master. Selain itu, kepala cook juga merencanakan varian menu atau menu yang bervariasi serta memiliki tanggung jawab untuk melakukan promosi mengenai nilai-nilai gizi dan memasak untuk para petugas. Kepala cook juga bertugas untuk melakukan pemastian apakah menu yang disediakan sudah cukup untuk abk kapal atau belum.

2. Second cook

Tugas second cook yaitu membantu kepala cook (chief cook) juga memiliki tanggung jawab untuk membuat laporan untuk diberikan kepada kepala cook. Memasak untuk keseharian juga dilakukan sesuai apa yang diperintahkan oleh chief cook serta juga bertugas melakukan pengawasan pelayan pembantu atau utility dalam menjalankan tugasnya. Tugas-tugas ini penting diketahui sebelum menerima informasi lowongan koki kapal.

3. Utility

Selain nama itu, juga dikenal dengan sebutan lain yaitu cook atau helper dimana tugasnya melayani pejabat saat waktu makan baik itu pejabat departemen deck atau pejabat mesin. Selain itu, membantu kepala cook, second cook juga menjadi tugas cook helper. Tanggung jawab lainnya dalam mempersiapkan berbagai peralatan dapur dan menjalankan tugas kebersihan sehari-hari. Ketiga jabatan ini harus diketahui bagi yang ingin menjadi koki sebelum menerima lowongan koki kapal supply.

Departemen catering memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak kalah besar dengan tugas para profesi di departemen yang lain. Sebab, tanpa adanya chief cook, second cook hingga utility tentu tidak ada yang menyiapkan makanan untuk para pejabat ataupun untuk anak buah kapal. Apalagi tugas departemen catering ini bukan saja untuk menyiapkan makanan tetapi bertanggung jawab dalam mempromosikan nilai gizi kepada para petugas.

Sekian artikel tentang tugas dan tanggung jawab departemen catering yang perlu diketahui sebelum melamar lowongan koki kapal supply, semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here