Bagian Kapal yang Penting Diketahui Beserta Fungsinya

0
258
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Bagian kapal ternyata cukup banyak dan luas. Hal ini biasanya setiap bagian tersebut berbeda antara satu kapal dengan yang lainnya. Dalam hal ini jenis kapal tertentu akan memiliki bagian yang tidak sama dengan jenis kapal yang lain. Berikut adalah beberapa bagian dari kapal yang perlu Anda ketahui.

Bagian kapal yang penting diketahui beserta fungsinya

  1. Lunas Kapal

Bagian kapal yang pertama adalah lunas kapal. Bagian ini termasuk bagian kapal yang paling bawah. Lunas kapal ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti lunas tegak, lunas dasar dan lunas lambung. Setiap jenis lunas kapal memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri yang menjadi pembeda.

2. Bak

Bagian ini adalah gudang berukuran kecil yang ada pada sebuah kapal. Bak tersebut akan berguna untuk membantu memudahkan kegiatan geladak. Bagian ini letaknya ada pada bagian depan kapal dimana menjadi tempat menyimpan tali-temali dan jangkar. Gudang ini akan digunakan awak ketika kapal sedang bersandar di dermaga.

3. Lambung

Jenis bagian kapal selanjutnya adalah lambung kapal. Lambung kapal ini akan memuat daya apung sehingga memungkinkan kapal tidak tenggelam. Rancangan lambung kapal akan sangat berpengaruh pada ketahanan dan stabilitas ketika ada di laut. Bentuk dari lambung kapal ini cukup menarik seperti bentuk lambung V, lambung datar, lambung terowongan, dan lambung ponton.

4. Anjungan

Anjungan adalah tempat dimana ruang komando dan kemudi berada. Posisi atau letak anjungan ini biasanya bisa melihat ke berbagai arah. Tujuannya untuk menentukan lokasi dan mengarahkan kapal dengan lebih mudah. Pada anjungan harus memiliki berbagai macam peralatan. Seperti kompas, roda kemudi, teropong, GPS, radar dan radio komunikasi.

5. Geladak utama

Geladak utama adalah lantai kapal yang berada di bagian atas. Sedangkan untuk geladak dasar maka berada di bawah. Jika ada geladak lainnya maka dinamakan geladak antara. Untuk membangun geladak ini dibutuhkan material khusus. Biasanya lajur geladak akan menggunakan bahan kayu dengan kriteria khusus. Jenis kayu yang banyak digunakan adalah jenis kayu tegak atau kayu cemara.

6. Cerobong

Kapal juga memiliki bagian bernama cerobong. Cerobong ini akan membantu untuk mengeluarkan asap dari pipa. Asap tersebut berasal dari hasil pembakaran bahan bakarnya. Biasanya ketika Anda mendaftar melalui lowker pelaut, jabatan masinis akan bekerja untuk mengurusi cerobong.

7. Buritan

Bagian kapal ini akan terdapat instrumen pengendalian kapal. Dalam kata lain buritan akan terletak di bagian belakang kapal. Ada beberapa jenis buritan seperti buritan sendok, buritan siku dan buritan miring.

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang pelaut maka mengetahui bagian kapal sangatlah penting. Hal ini karena setiap jenis jabatan akan bekerja pada bagian yang berbeda pada kapal. Semoga Anda semakin paham hal ini sebelum bekerja sebagai pelaut di kapal.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here