Pelajari Dulu Syarat Berikut Sebelum Melamar Lowongan Kerja ABK

0
4536
views
sumber: google.co.id
4/5 (1)

Melamar lowongan kerja ABK dibutuhkan fisik yang kuat sebab menjadi abk adalah profesi yang penuh resiko. Selain itu juga diharuskan memiliki keterampilan khusus misalnya BTS serta harus bisa menangkap dan menangani ikan.

Ikuti Syarat Berikut Untuk Menjadi ABK Resmi Sebelum Melamar Lowongan Kerja ABK

Meskipun sudah memiliki dua kemampuan tersebut, jika ingin menjadi ABK resmi juga dibutuhkan beberapa syarat lainnya. Berikut ada 3 syarat yang harus dipenuhi.

1. Lolos tes rekruitmen

Untuk menjadi ABK, syarat pertama tentunya harus lolos tes rekruitmen lowongan ABK diharuskan mengikuti berbagai tesĀ  diantaranya ada tes bahasa, tes fisik, juga tes keterampilan. Selain itu juga diharuskan untuk menjalani assessment atau persiapan sebelum ujian tersebut diikuti. Tentunya untuk memperoleh sertifikasi, lembaga yang melakukan berbagai tes tersebut harus memperoleh persetujuan dari pihak Pusat Pendidikan dan Latihan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Agar lolos tes tentunya sebelum hari tes tersebut diikuti dipelajari dulu apa yang perlu dipelajari, latih kemampuan bahasa Inggris, ketahui dan tingkatkan keterampilan.

2. Memiliki sertifikat

Sertifikat juga dibutuhkan bagi pelamar lowker ABK apalagi untuk mendapat pengakuan resmi. Sertifikat ini harus dimiliki oleh ABK yang bekerja di kapal niaga di antaranya ada dua sertifikat yaitu sertifikat keterampilan dan sertifikat profesi. Sertifikat keterampilan ialah syarat dasar yang harus dimiliki dan sertifikat ini dikeluarkan oleh sekolah tinggi atau lembaga yang memiliki otoritas dari pemerintah. Sedangkan sertifikat keahlian dibutuhkan sebab nantinya sertifikat iniĀ  berpengaruh pada bidang atau jabatan ABK di atas kapal dan ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

3. Masuk ke organisasi profesi

ABK juga perlu masuk ke organisasi profesi seperti KPI. Dengan mengikuti organisasi tersebut ABK bisa memperoleh peluang kerja dan setidaknya memudahkan untuk lulus lowongan kerja jadi ABK. KPI akan membuat perjanjian dengan perusahaan yang akan menampung ABK khususnya di kapal asing yang disahkan oleh Kementerian Perhubungan. Meskipun begitu ABK juga bisa menjadi ABK individu tergantung pilihan masing-masing.

Menjadi ABK sekali lagi perlu diketahui bukan pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan oleh banyak orang. Sebab menjadi bagian dari pelaut memiliki resiko tersendiri yang akan ditanggung. Kesehatan fisik, mental yang tangguh dan keterampilan yang tinggi sangat penting dimiliki selain baik untuk peluang karir juga bisa mempengaruhi kisaran gaji yang akan didapatkan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

Sekian artikel tentang 3 syarat khusus yang harus dipenuhi oleh siapapun yang ingin menjadi bagian dari profesi pelayaran khususnya untuk menjadi abk yang resmi. Begitu juga bagi yang ingin melamar lowongan kerja ABK, penting untuk mengetahui ketiga syarat ini dan segala macam info yang berhubungan dengan profesi pelaut. Sehingga bukan ikut-ikutan ingin menjadi pelaut tetapi memang sudah memiliki target dan motivasi yang tepat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here