Mengenal Lebih dalam Perbedaan Pelaut dengan Marinir

0
637
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Walau termasuk profesi yang bergengsi dan populer, masih banyak orang yang menyalahartikan atau salah paham tentang pelaut dengan marinir. Yang mereka lihat adalah lingkungan kerja yang sama  bekerja di atas laut. Agar tidak selalu salah kaprah, cari tahu perbedaan pelaut dengan marinir.

Macam-macam perbedaan pelaut dengan marinir

Bagi orang awam, profesi pelaut serta marinir mungkin tampak mirip padahal banyak sekali  perbedaan antara keduanya. Salah satu persamaan pelaut dengan marinir adalah berada dalam pengawasan atau tanggung jawab TNI AL. Selengkapnya tentang perbedaan pelaut dan marinir simak berikut ini:

1. Pengertian

Seseorang yang bekerja atau menemukan penghasilan di atas laut adalah pelaut. Jenis pekerjaan yang pelaut kerjakan tergantung dari kapal yang mereka naiki serta background pendidikannya. Ada kapal angkut, kapal tanker atau yang paling umum adalah kapal penumpang.

Marinir adalah cabang angkatan bersenjata yang memanfaatkan medan laut untuk menyerbu musuh atau melindungi wilayah suatu negara. Mereka memperoleh izin dari pemerintah untuk memanfaatkan berbagai peralatan termasuk kendaraan air, kendaraan lapis baja dan sebagainya.

2. Tanggung Jawab atau Tugas

Sudah menjadi kebiasaan manusia untuk memperoleh banyak informasi sebelum memutuskan melamar pekerjaan tidak terkecuali saat menginginkan posisi pada loker pelaut. Informasi mendasar tentang tanggung jawab pelaut misalnya karena tidak mustahil pertanyaan sepele ini pewawancara tanyakan ketika interview.

Tanggung jawab pelaut sangatlah banyak. Pertama, mereka bertanggung jawab untuk merawat kapal dengan baik  entah secara visual maupun permesinan. Perawatan kapal bertujuan untu memaksimalkan kinerja kapal saat menyusuri lautan.

Pelaut juga bertanggung jawab untuk merawat perlengkapan keselamatan karena kecelakaan kerja atau musibah bisa datang kapan saja tanpa gejala. Selain kedua itu, masih banyak lagi tanggung jawab yang harus pelaut emban dan laksanakan dengan baik.

Marinir bertanggung jawab sebagai Komandan Kompi Infanteri Marinir. Mereka menjadi garda terdepan ketika ada pasukan musuh yang menyerang suatu negara dari arah laut. Jika kapal pelaut biasa modelnya sederhana dengan perlengkapan apa adanya maka kapal marinir jauh lebih gagah dan telah pemerintah persenjatai.

3. Disiplin Ilmu

Teknologi kelautan merupakan disiplin ilmu yang akan Anda temui ketika memutuskan untuk menggeluti profesi pelaut. Sementara itu, disiplin ilmu sosial politik merupakan salah satu bidang keilmuan yang banyak pengajar sampaikan pada marinir.

Apa pun disiplin ilmunya, profesi pelaut dan marinir merupakan profesi yang mulia. Anda yang ingin menjadi pelaut atau marinir harus memahami dengan baik tugas pokok dari profesi tersebut. Sehingga pembelajaran dan praktik yang terlaksana pada bangku sekolah dapat Anda amalkan secara maksimal ke lapangan.

Mempelajari perbedaan antara profesi pelaut dengan marinir merupakan hal penting apalagi jika Anda tertarik untuk mendalami salah satu profesi ini. Informasi lebih lanjut tentang perbedaan pelaut dengan marinir akan Anda terima ketika mengenyam bangku sekolah dan bekerja langsung di lapangan.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here