Cara Jadi Pelaut Sukses di Tahun 2023, Simak!

0
477
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Cara jadi pelaut menjadi topik yang paling banyak dicari. Salah satu daya tarik profesi ini adalah kisaran gajinya yang menggiurkan. Meskipun begitu, tetap saja bisa berbeda antara satu jabatan dengan jabatan lainnya.

Bagi Anda yang membutuhkan pengetahuan bagaimana langkah sukses jadi pelaut, ikuti penjelasan berikut ini.

Cara jadi pelaut sukses di tahun 2023

  1. Mental Pelaut

Seorang yang bekerja di atas kapal biasanya tidak pulang ke rumah sampai beberapa bulan bahkan bisa tahunan. Hal ini tergantung kondisi yang sedang dihadapi. Jadi, cukup lama untuk tidak bertemu keluarga. Karena itu, butuh mental kuat  supaya tetap semangat dan selalu fokus guna menjaga profesional dalam bekerja.

Harus dipikirkan dengan baik sebelum melamar job pelaut, apakah sanggup berbulan-bulan tidak bersama keluarga. Sebab, mentalitas yang tidak mumpuni akan mengganggu efisiensi kerja. Bahkan bisa saja membahayakan orang lain.

  1. Ketahui Tugas dan Kewajiban

Namanya bekerja, tentu ada tugas dan kewajiban yang harus diselesaikan. Sebuah kapal biasanya memiliki struktur organisasinya dimana otoritas tertinggi dipegang oleh master atau kapten. Kemudian ada sejumlah departemen di bawahnya.

Semua jabatan memiliki tanggung jawab masing-masing. Harus dipahami dengan baik supaya poin yang menjadi tugas Anda dapat diselesaikan tepat waktu. Usahakan fokus pada kewajiban sendiri karena kesalahan dalam bekerja akan diminta pertanggungjawabannya.

  1. Sertifikat Pelaut

Sertifikat pelaut harus asli dan valid agar bisa berangkat dan diakui sebagai pelaut. Artinya untuk bekerja sebagai pelaut profesional sangat penting mengikuti kursus, sekolah formal ataupun sertifikasi. Tujuannya supaya sertifikat yang diperoleh itu dapat diterima saat melamar kerja.

Salah satunya jalur SMK pelayaran dengan menempuh pendidikan selama 3 tahun dan dilanjutkan dengan prala (praktik laut) selama 1 tahun. Lulus sekolah formal ini akan diberikan ijazah dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

  1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib bagi pelaut, karena lokasi kerjanya bukan hanya di Indonesia. Apalagi jika melamar menjadi pelaut di perusahaan asing. Anda akan diberikan tes guna mengetahui sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris.

Seperti Marlins Test, Skype Interview dan Maritime English CES Test. Semua dilaksanakan dengan bahasa Inggris. Jadi, silakan belajar dulu untuk meningkatkan kemampuan agar pelayaran Anda tidak hanya seputar laut Indonesia saja.

  1. Teman

Setelah memutuskan melamar lowker pelaut dan ingin menduduki posisi apa di kapal, selanjutnya mencari teman yang baik. Hubungan antara sesama pelaut harus dijalin dengan baik supaya Anda tidak ketinggalan informasi. Memiliki teman satu frekuensi juga cara mengurangi kebosanan dalam bekerja.

Apalagi Anda jauh dari sanak saudara, maka adanya teman tidak membuat merasa sendiri. Ada tempat berbagi cerita, keluh kesah dan bisa saling membantu. Tanpa hal ini, maka pekerjaan di laut terasa semakin berat.

  1. Terus Berjuang

Buatlah surat lamaran dan CV semenarik mungkin. Langsung kirim lamaran saat dibuka, jangan tunggu sampai batas waktu deadline-nya. Boleh mengirim lamaran melalui email atau datang langsung perusahaannya, sesuai informasi yang tercantum di brosur.

Itulah 6 cara jadi pelaut yang mudah sekali untuk diterapkan. Ikuti seleksi dengan semangat, fokus dan belajar. Jangan langsung percaya pada calo yang memberikan iming-iming langsung bekerja posisi tertinggi.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here