Mengenal Macam-macam Keterampilan Bertahan Hidup ala Pelaut

0
141
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Setiap pekerjaan memiliki risiko begitu juga saat Anda memilih untuk fokus menjajaki profesi pelaut. Berbagai buku Anda baca begitu pula biografi para pelaut demi meningkatkan ilmu pengetahuan. Salah satu bahan bacaan penting yang tidak boleh terlewatkan adalah informasi seputar keterampilan bertahan hidup alat pelaut.

Belajar 5 jenis keterampilan bertahan hidup ala pelaut

1. Menemukan Air

Air adalah sumber kehidupan yang mana manusia tidak bisa bertahan dalam jangka waktu lama tanpa minum air. Tubuh yang kekurangan air akan mengalami dehidrasi dan paling parah mengakibatkan kematian.

Ketika sumber mata air tidak ada namun Anda terdampar pada kapal atau pulau tak berpenghuni maka temukanlah air secara mandiri. Anda bisa memanfaatkan air hujan sebagai pengganti air putih. Jika air hujan tidak ada, sumber mata air lain yang bisa Anda usahakan adalah air seni yang telah melalui proses filter.

2. Menangkap Makanan

Cara bertahan hidup alat pelaut selanjutnya adalah dengan berburu makanan. Adapun jenis makanan yang bisa Anda konsumsi tergantung dari area atau lingkungan sekitar. Anda yang terdampar pada kapal hanya bisa mengandalkan biota laut sebagai makanan.

Sementara, mereka yang terdampar pada pulau terpencil masih bisa berburu makanan darat seperti ayam liar. Telusuri terus pulaunya dan bila beruntung Anda akan menemukan sayuran atau buah-buahan.

3. Mengawetkan Makanan

Lauk yang baik berasal dari bahan baku yang segar tapi itu hanya berlaku ketika Anda berada pada peradaban. Saat sedang bertahan hidup, Anda harus mengawetkan makanan agar bertahan dalam waktu yang lama.

Jenis makanan yang bisa Anda awetkan pun sangat bervariasi, mulai dari daging, buah, ikan dan sebagainya. Agar keterampilan ini bermanfaat pada waktunya, pelajari dengan baik bagaimana cara mengawetkan makanan yang benar. Usahakan pula untuk terus membawa bahan pengawet makanan dalam ransel Anda.

4. Belajar mengenai Sinyal atau Isyarat

Loker pelaut yang Anda temukan mungkin tidak menjelaskan secara terperinci risiko kecelakaan seperti terdampar pada kapal atau pulau terpencil. Yang tertera pada lowongan kerja adalah jabatan yang tersedia, persyaratan untuk pelamar dan besaran gajinya.

Saat terdampar pada suatu tempat, berikanlah sinyal atau isyarat tertentu agar petugas pencarian mudah menemukan Anda. Tuliskan SOS berukuran raksasa sehingga dapat terbaca dengan mudah terutama dari atas udara.

5. Navigasi Bintang

Keterampilan terakhir yang sepatutnya Anda pelajari dari pelaut adalah membaca navigasi bintang. Sesuai namanya, keterampilan ini akan mencegah Anda tersesat. Navigasi bintang mungkin tidak semodern dan secanggih alat navigasi sekarang karena sifatnya yang masih alami.

Belajar keterampilan dari para pelaut ternyata sangat menyenangkan apalagi untuk bermain bertahan hidup. Setidaknya, ketika nanti Anda mengalami kondisi yang sulit Anda masih bisa bertahan hidup dengan baik. Jadikan informasi keterampilan bertahan hidup ala pelaut ini sebagai pendidikan tambahan yang hanya bisa Anda peroleh langsung bukannya dari buku.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here