Tertarik Jadi Koki Kapal Kargo? Baca Info Ini Dulu!

0
120
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Koki erat hubungannya dengan orang yang pandai memasak dan menyajikan masakan super lezat. Nyatanya ada juga namanya koki kapal kargo dimana orang ini bekerja di atas kapal untuk menyediakan menu makanan bagi semua orang yang baik ke kapal tersebut. Tentunya kemampuannya tidak kalah dengan koki pada restoran pada umumnya.

Mengenal tugas dan pekerjaan koki kapal kargo

  1. Tentang makanan yang tersaji

Hal pertama yang perlu diketahui sebelum pengguna tertarik untuk menjadi koki ini adalah tentang perjanjian yang melibatkan penyajian makanannya. Sebagai koki ternyata juga harus menandatangani perjanjian yang menyertakan pihak pertama dan juga pihak kedua yakni orang yang melamar tersebut.

Secara umum yang perlu diperhatikan dalam perjanjian tersebut adalah koki harus menyajikan makanan sesuai dengan jumlah uang yang sudah didistribusikan untuk masing-masing kepala pada kapal. Tentunya koki tidak boleh mengurangi atau menambahkan jenis makanan jika harganya tidak pas dengan rinciannya.

Adapun dalam keseimbangan gizi chief kapal cargo juga harus memenuhi komponen yang tertera dalam perjanjian. Komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Adanya kandungan sehat meliputi protein, serat, karbohidrat, lemak, mineral dan air untuk setiap penyajian makanannya.
  • Makanan yang disajikan haruslah memiliki cita rasa dan cenderung variatif agar tidak bosan.

2. Hierarki Koki

Ternyata koki yang bekerja di dalam sebuah kapal memiliki hierarki tersendiri yang perlu diketahui oleh pengguna. Secara umum hierarkinya dibedakan antara adanya ketua yang bertugas untuk mendisiplinkan dan memimpin para koki bawahannya. Mereka akan bekerja untuk menghidangkan makanan sehat dan tidak membosankan untuk dikonsumsi.

Sementara itu jumlah asisten yang ada di dalam dapur kapal tidak bisa dipastikan berapa jumlahnya. Hal ini tergantung dengan kebutuhan dapur tersebut jika anggota atau penumpang kapal semakin banyak tentunya dibutuhkan asisten koki yang banyak juga untuk mempercepat penghidangan sebuah makanan.

Sebelum Anda berniat untuk melamar lowker pelaut lowongan yang satu ini bisa dipertimbangkan. Pengguna wajib mengetahui ketentuan lain selain syarat administrasi yang harus dipenuhi ketika melamar posisi tersebut. Penyajian makanan haruslah bersih dan bagus untuk kesehatan pada penumpangnya.

3. Koki Ketua

Untuk mendapatkan posisi yang satu ini koki haruslah memiliki pengalaman berlayar yang sudah lama dan profesional. Tidak bisa mengangkat koki yang baru saja berlayar sebagai ketua karena dirasa kurang dalam hal pengalamannya.

Adapun syarat menjadi koki ketua adalah sebagai berikut:

  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan mengayomi koki asisten atau koki yang berada di bawahnya
  • Bisa menentukan menu dan menyusunnya dengan baik tanpa kehabisan ide setiap harinya
  • Bisa memperhitungkan dengan tepat dan akurat kebutuhan menu untuk sekali hidangnya
  • Memahami dengan seksama masalah kebersihan dan keselamatan konsumennya.

Itulah beberapa hal berkaitan dengan koki kapal kargo yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang tertarik melamar jadi koki kargo di kapal.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here