Pelajari Syarat Jadi Pelaut Secara Lengkap agar Prosesnya Lebih Mudah

0
547
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Berniat untuk menjadi pelaut nyatanya Anda memang harus paham syarat jadi pelaut. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa menjadi pelaut profesional. Persiapan syarat ini juga tidak bisa sehari dua hari dipenuhi. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan sampai tahunan untuk bisa mendapatkannya. Sehingga keseriusan memang menjadi hal penting di dalamnya.

Pelajari Syarat Jadi Pelaut Secara Lengkap agar Prosesnya Lebih Mudah

  1. Kuatkan mental

Ini menjadi point penting yang harus disiapkan ketika memutuskan untuk menjadi pelaut. Mental kuat menjadi syarat yang tidak bisa diganggu gugat di dalamnya sehingga proses pelaksanaannya lancar. Anda tidak boleh sering menangis dan merenung namun tetap fokus mengejar impian.

Selama tugas nanti akan ada banyak hal yang harus ditinggalkan dengan ikhlas. Seperti pekerjaan lain, orang tua dan juga keluarga. Tidak banyak waktu yang bisa dihabiskan dengan mereka. Jika tidak kuat lebih baik tidak perlu melanjutkannya.

  1. Lengkapi sertifikat

Ini juga menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan untuk syarat jadi pelaut terbaru. Saat ini sudah banyak jenis sertifikat yang bisa diperoleh sesuai dengan jenis kapal yang akan dikendarai nantinya. Anda juga bisa mendapatkannya secara bertahap sesuai tingkatan saat ini.

Adapun kapal dan sertifikat yang dibutuhkan dalam hal ini adalah sebagai berikut:

  • Tugboat

Kapal yang satu ini ukurannya cenderung lebih kecil otomatis hanya bisa memuat orang lebih sedikit. Anda yang ingin mendapatkan wewenang dari kapal ini harus mendapatkan beberapa sertifikat seperti SSAT, Buku Pelaut, BST dan jenis lainnya.

  • Tangker

Kapal berikutnya yang bisa digunakan adalah tangker. Jika Anda berniat untuk mengemudi kapal jenis ini maka harus menyiapkan dokumen sertifikat yang dibutuhkan. Dalam hal ini membutuhkan sertifikat seperti COC, BLGT, BST dan jenis lainnya.

  • Cargo

Jenis selanjutnya dari kapal yang bisa dipakai adalah cargo. Untuk kapal yang satu ini maka pemenuhan sertifikat yang harus dimiliki berupa SSAT, BST. Bisa juga jenis lainnya mirip dengan kapal penumpang namun tidak perlu ada CCM.

  • Penyeberangan

Kapal yang satu ini juga banyak peminatnya untuk pelaut. Adapun sertifikat untuk bisa mengemudikannya adalah COC, CCM, SAT, Buku Pelaut dan BST. Semuanya sesuai dengan tingkatan dan kelasnya. Semakin tinggi maka wewenang yang didapatkan semakin banyak.

  • Pesiar

Kapal kelima adalah kapal pesiar. Kapal ini membutuhkan syarat sertifikat seperti CCM, SSAT, dan BST. Hal ini tergantung juga dengan tambahan sertifikat tergantung kebijakan kapal dan perusahaannya.

  1. Tambahan

Ada hal lain yang perlu diperhatikan juga sebagai syarat lowker pelaut yakni dokumen untuk luar negeri. Perlu disiapkan juga agar bisa lebih maksimal, adapun kebutuhannya meliputi SDSD, SID dan lainnya.

Adapun syarat jadi pelaut ini memang cukup krusial untuk dipenuhi. Anda memang harus sabar dan telaten dalam mempersiapkannya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here