Pelatihan Dasar bagi Calon Pelaut: Apa yang Harus Diketahui?

0
58
views
sumber: google.co.id

Artikel diperbaharui pada 8 January 2024

Berikan Rating Sekarang

Jika Anda tertarik untuk memulai karier di dunia pelayaran, salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengikuti pelatihan dasar untuk calon pelaut. Pelatihan ini tidak hanya merupakan prasyarat untuk mendapatkan sertifikat pelaut tetapi juga membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan yang esensial untuk bekerja di kapal. Artikel ini akan membahas secara mendalam apa saja yang akan dipelajari dalam pelatihan dasar bagi calon pelaut.

Jenis-Jenis Pelatihan Dasar

Basic Safety Training (BST)

Ini adalah salah satu pelatihan dasar yang paling penting dan harus diikuti oleh semua calon pelaut. BST meliputi pelatihan tentang pencegahan kebakaran, keselamatan pribadi, pertolongan pertama, dan tindakan evakuasi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Anda siap menghadapi berbagai jenis situasi darurat di kapal.

Survival at Sea (SAT)

Pelatihan ini fokus pada keterampilan bertahan hidup di laut. Anda akan diajarkan bagaimana menggunakan peralatan penyelamat, memberikan tanda darurat, dan melakukan prosedur evakuasi di air.

Kompetensi yang Akan Dikembangkan

Pengetahuan Keselamatan

Sebuah kapal bisa menjadi tempat yang berbahaya jika Anda tidak memahami dasar-dasar keselamatan. Oleh karena itu, pelatihan ini akan memberikan Anda pengetahuan tentang cara menjaga keselamatan diri dan orang lain di kapal.

Keterampilan Teknis

Meskipun fokus utama adalah pada keselamatan, Anda juga akan mendapatkan beberapa pelatihan teknis tentang pengoperasian beberapa perangkat dan sistem di kapal. Ini bisa termasuk komunikasi maritim, navigasi dasar, dan operasi mesin.

Tanggung Jawab Etika

Anda juga akan diajarkan tentang etika dan tanggung jawab sebagai seorang pelaut. Ini termasuk memahami hukum maritim internasional, etika kerja sama tim, dan pentingnya menjaga integritas profesional.

Syarat-syarat dan Persiapan

Sebelum Anda bisa mengikuti pelatihan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Usia Minimum: Pada umumnya, Anda harus berusia minimal 18 tahun untuk bisa mengikuti pelatihan ini.
  2. Kesehatan: Anda perlu menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa Anda cukup fit secara fisik dan mental untuk bekerja di kapal.
  3. Pendidikan: Biasanya, Anda harus memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA atau setingkatnya.

Tempat Pelatihan dan Durasi

Pelatihan dasar biasanya diselenggarakan oleh lembaga pelatihan maritim yang terakreditasi. Durasi pelatihan bisa berbeda-beda, tetapi umumnya berlangsung antara satu hingga tiga minggu. Selain itu, ada juga ujian yang harus Anda lewati untuk memperoleh sertifikat.

Investasi dan Biaya

Meskipun pelatihan ini memerlukan investasi waktu dan uang, manfaatnya untuk karier Anda di industri maritim sangat besar. Oleh karena itu, penting untuk melihatnya sebagai investasi jangka panjang.

Mengikuti pelatihan dasar untuk calon pelaut adalah langkah penting pertama yang akan membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di dunia pelayaran. Jadi, jika Anda serius ingin memasuki bidang ini, pastikan untuk mengikuti pelatihan dasar ini sebagai fondasi awal Anda.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here