8 Jenis Pekerjaan Pelaut yang Perlu Anda Tahu Sesuai Bagian di Kapal

0
353
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Jika Anda ingin menjadi seorang pelaut, maka perlu mengetahui jenis pekerjaan pelaut. Menjadi seorang pelaut ternyata dibagi menjadi beberapa jenis pekerjaan. Jenis-jenis pekerjaan tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Setiap jenis pekerjaan akan bekerja sesuai dengan bidang dan keahliannya. Semua hal tersebut akan membantu agar tujuan utama dari pelayaran bisa tercapai dan berjalan dengan lancar.

Beberapa jenis pekerjaan pelaut di kapal

  • Bagian Mesin

1. Oiler

Pada bagian mesin akan ada jenis pekerjaan berupa oiler. Sesuai dengan namanya, maka pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memasukkan dan mengeluarkan bahan bakar dan juga minyak pelumas. Oiler atau juru minyak ini juga memiliki tanggung jawab untuk melaporkan jika ada masalah mesin kapal kepada masinis.

2. Masinis

Untuk masinis sendiri ada 3 orang yang bertugas sebagai masinis. Setiap masinis tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Jika Anda mencari lowker pelaut dengan posisi masinis 1 maka Anda nantinya akan bertanggung jawab pada mesin induk.

Untuk masinis 2 akan bertanggung jawab mengenai semua jenis mesin bantu kapal. Sedangkan masinis 3 akan memiliki tanggung jawab berupa semua mesin pompa pada kapal.

3. Chief Engine

Jabatan pelaut untuk bagian mesin yang terakhir adalah chief engine. Jabatan ini termasuk yang paling tinggi untuk bagian mesin. Namun juga memiliki tanggung jawab yang berat. Seorang chief engine akan bertanggung jawab pada semua jenis mesin yang digunakan kapal.

Mulai dari jenis mesin bantu, mesin pompa, mesin induk, mesin sekoci, mesin freezer dan lainnya. Selain itu chief engine juga akan menerima laporan dari bagian masinis 1 hingga 3 dan oiler.

  • Bagian Deck

4. Juru masak

Sesuai dengan namanya, maka tanggung jawab dari juru masak adalah menyediakan makanan dan juga persediaannya. Juru masak akan memasak makanan untuk semua crew pelaut yang ada di dalam kapal.

5. Juru mudi

Jenis pekerjaan pelaut yang selanjutnya adalah juru mudi. Mereka memiliki tugas dan juga tanggung jawab untuk menjaga kemudi, memegang kemudi, melakukan tugas jaga di anjungan dan pengintaian.

6. Klasi

Pekerjaan pelaut sebagai klasi akan bekerja untuk merawat bagian lambung kapal dan membantu penanganan muatan. Selain itu klasi juga akan melaksanakan pekerjaan lainnya yang memang diperintahkan kapten.

7. Mualim

Sama halnya dengan masinis, mualim juga dibagi menjadi 3 pekerjaan. Mualim 1 akan bekerja untuk pengaturan muatan, mengatur arah dan persediaan air tawar. Mualim 2 akan bekerja membuat jalur atau peta pelayan dan juga mengatur navigasi. Sedangkan mualim 3 bekerja untuk memelihara, mengatur dan memeriksa alat keselamatan kapal.

8. Kapten atau nakhoda

Nakhoda akan memiliki tanggung jawab untuk semua hal yang terjadi pada kapal. Selain itu yang memimpin pelayaran adalah nakhoda. Jenis pekerjaan sebagai nakhoda inilah yang cukup berat.

Itulah beberapa macam pekerjaan pelaut yang bisa Anda lamar saat ingin bekerja di kapal. Semoga bermanfaat untuk diketahui.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here