Pelaut Pemula Perlu Tahu: Macam-macam Kemudi Kapal

0
281
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Menjadi pengemudi kapal berbeda dengan driver mobil atau sepeda motor karena dari segi kemudinya pun memiliki sistem yang berbeda. Pengemudi kapal mampu mengemudikan kapal dengan lancar tanpa halangan juga memahami settingan kemudi kapal baik yang sederhana maupun kompleks.

3 Macam jenis kemudi kapal

1. Kemudi Berimbang

Ada dua jenis kemudi berimbang yang bisa Anda temukan saat melihat kapal secara langsung atau foto kapal dari internet. Pertama adalah kemudi semi balance selanjutnya adalah kemudi full balance.

Perbedaan utama antara kemudi semi balance dan full balance terletak pada ukuran transisinya. Saat mengemudikan kapal dengan kemudi semi balance, Anda akan memperoleh transisi kurang dari 20%. Letak daun kemudinya persis di bagian depan poros putar.

Kemudi berimbang memiliki beberapa bagian mulai dari daun kemudi, kopling, lengan, kemudi dan masih banyak lagi. Sebagai pelaut yang baik terutama pengemudi kapal, Anda harus memahami fungsi dari tiap-tiap bagian tersebut.

2. Kemudi Biasa

Anda yang tengah menelusuri loker pelaut untuk pekerjaan pada kapal kecil perlu menguasai teknik mengemudikan kemudi biasa. Jenis kemudi ini memang yang paling sering perusahaan atau perakit kapal gunakan untuk mendukung produk mereka.

Secara keseluruhan, daun kemudi pada jenis kemudi biasa berada pada sisi belakang poros utama.  Sama seperti kemudi berimbang, kemudi ini juga terbagi dalam dua jenis yakni kemudi ganda dan kemudi plat tunggal. Yang bisa jadi informasinya sudah Anda ketahui sebelumnya.

Perbedaan paling mencolok antara kemudi ganda dan kemudi plat tunggal terdapat pada susunannya. Pada kemudi plat ganda tersusun rongga dan juga plat ganda sementara plat tunggal hanya memiliki lembaran plat saja. Dari kedua jenis kemudi kapal tersebut, sekiranya mana yang lebih baik?

3. Kemudi Patent

Seorang pelaut memiliki tanggung jawab yang berbeda. Ada yang bertugas untuk mengemudikan kapal tapi ada juga yang bertugas untuk mengawasi mesin. Salah satu jenis kemudi yang cukup familier bagi para pelaut adalah kemudi patent.

Kemudi ini memiliki klasifikasi yang jauh lebih banyak daripada kedua jenis kemudi kapal yang telah kami sebutkan sebelumnya. Anda akan melihat kemudi star contra, kemudi contra guide, kemudi oertz dan sebagainya.

Masing-masing kemudi memiliki fungsi baling-baling contohnya kemudi star contra yang baling-balingnya berdaun tetap. Fungsi dari pemasangan baling-baling pada kemudi tersebut adalah rotasi gerakan yang lebih mudah dan cepat. Kecepatan kapal pun ikut meningkat ketika pelaut mengemudikan kapal menggunakan jenis kemudi tersebut.

Laut mungkin tidak memiliki jalan lurus dan berbelok seperti jalanan darat tapi tetap membutuhkan pengemudi untuk mengendalikannya. Seorang pelaut yang baik tidak hanya memahami fungsi mesin pada kapal tapi juga mampu mengemudikan kapal dengan lancar. Melalui kemudi kapal terbaik, pelaut akan berlayar dengan cepat juga selaras.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here