Daftar 10 Sekolah Pelayaran di Indonesia

0
154
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Sekolah pelayaran dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin menjadi pelaut terbaik dan diterima oleh perusahaan kapal pesiar. Indonesia sebagai negara yang dikelilingi oleh lautan tentunya membutuhkan pelaut yang andal dan sekolah bidang pelayaran ini ada di Indonesia. Sebelum mendaftar menjadi pelaut diharuskan menempuh sekolah pelayaran terlebih dulu sebab tanpa pendidikan sulit diterima di perusahaan yang bersangkutan.

Bingung mau sekolah pelayaran dimana? 10 sekolah pelayaran berikut bisa jadi pilihan

Untuk bisa menempuh sekolah ini pun tidak harus jauh-jauh keluar negeri, sebab difasilitasi sendiri di negara Indonesia dan berikut ada 10 sekolah yang bisa dipilih:

1. BPPTL Jakarta

Kepanjangan dari sekolah pelayaran ini Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut memiliki diklat teknis kelautan bisa digunakan untuk PNS bidang Transportasi Laut. Lokasinya ada di Jakarta. ada banyak diklat yang diadakan diantaranya Diklat Teknis Bidang Perkapalan dan Kepelautan, Diklat Teknis Bidang KPLP, Diklat Teknis Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan ada juga bidang Perhubungan Laut. Agar lolos tes terkadang para calon pelaut juga diharuskan menempuh syarat sekolah abk.

2. BP3IP Jakarta

Sesuai dengan namanya, Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran ini juga ada di Jakarta. Diklat pelaut ini milik pemerintah yang tidak hanya menyediakan pendidikan formal tetapi juga ada pendidikan non formal. Tenaga pengajar yang digunakan yaitu dosen atau instruktur profesional bidang Keahlian Pelaut dan Pendidikan Kepelautan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang mutu dan memiliki daya saing yang tinggi.

3. AMNI Cilacap

Bagi yang berada di Cilacap bisa menempuh pendidikan di Akademi Maritim Nusantara Cilacap (AMNI Cilacap) dan sekolah ini merupakan sekolah pelayaran satu-satunya yang ada di Cilacap. Meskipun awalnya lokasi sekolah ini berada di Surakarta namun sudah pindah ke Cilacap dan hingga kini masih tersedia Pendidikan Jenjang D3. Prodi yang ada diantaranya ada Program Studi Teknika, Pengelolaan Pelabuhan dan Program Studi Nautika dan ketiga jurusan tersebut memiliki akreditasi B.

4. PIP Makassar

Bagi yang berada di Sulawesi, sekolah pelayaran yang bisa dicoba ialah PIP Makassar atau Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Dimana sekolah abk ini menyediakan fasilitas menarik untuk dimanfaatkan seperti engine room control, kapal latih Sultan Hasanuddin, lecture theater, full mission ship simulator dan kolam latih.

5. BP2IP Tangerang

Sekolah pelayaran yang ada di Tangerang yaitu Balai Pendidikan dan Pelatihan  Ilmu Pelayaran Tangerang atau disingkat BP2IP. Fasilitas yang disediakan di lembaga pendidikan abk ini diantaranya laboratorium, ruang belajar, fasilitas simulator, ekskul kesenian dan ekskul olahraga.

6. PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sekolah pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

7. AMI Cirebon

Sejak 1986, Akademi Maritim Cirebon melatih berbagai lulusan SMA/MA/SMK untuk menjadi Perwira bidang Pelayaran Besar dengan bidang keahlian Nautika dan Teknika serta ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan dengan sifat profesional. Fasilitas yang disediakan diantaranya ada asrama, berbagai laboratorium hingga perpustakaan.

8. AMY

Akademi Maritim Yogyakarta menyediakan 3 prodi dengan jenjang D3 yaitu Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga, Prodi Nautika dan Teknika dengan akreditasi B.

9. Politeknik Pelayaran Surabaya

Juga menyediakan 3 prodi jenjang D3 diantaranya Elektro Pelayaran, Prodi Nautika dan Podi Teknika.

10. Akademi Pelayaran Nasional Surakarta

Membuka 4 program studi yaitu Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Nautika, Teknika dan Prodi Manajemen Kepelabuhan.

Sekian artikel tentang 10 sekolah pelayaran yang bisa ditempuh sebelum mendaftar lowongan menjadi bagian dari kapal pesiar.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here