Ini Dia Alat Deteksi dan Pemadam Kebakaran Kapal

0
194
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Segala macam hal bisa saja terjadi di atas kapal, salah satunya seperti kebakaran kapal. Walaupun dikelilingi laut atau air, bukan tidak mungkin kebakaran di atas kapal bisa terjadi. Kebakaran tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Bisa saja dari ketidak sengajaan atau juga bisa disengaja. Untuk itu peralatan pemadam kebakaran harus tetap ada di atas kapal.

Beberapa alat deteksi dan pemadam kebakaran kapal

  1. Flame detector

Alat pertama dinamakan dengan flame detector. Biasanya alat untuk mendeteksi api ini akan dipasang pada tempat yang berisiko tinggi terjadi kebakaran. Misalnya untuk tempat penyimpanan barang yang berbahaya, cairan mudah terbakar dan lainnya. Alat ini memiliki sensor yang berguna mendeteksi sinar ultraviolet yang ada dari api kebakaran.

2. Heat detector

Alat ini sama halnya dengan alat deteksi asap dimana akan memberikan peringatan awal ketika ada bahaya kebakaran. Yang membedakan adalah alat ini akan mendeteksi bahaya ketika adanya perbedaan panas pada ruangan tersebut.

3. Smoke detector

Alat yang satu ini cukup memiliki tingkat kepekaan yang tinggi. Alat akan memberikan alarm ketika di dalam ruangan tersebut terdapat asap. Bahkan terkadang asap rokok juga bisa terdeteksi dengan menggunakan alat ini. Ada dua prinsip kerja yang biasanya digunakan.

  • Type photo electric: alat ini akan menggunakan bahan yang memiliki sifat photo electric dimana sangat peka pada cahaya.
  • Type ionisasi: asap akan terdeteksi dengan bantuan dua elektroda dan elemen radioaktif.

Mengetahui adanya alat pendeteksi kebakaran ini sangat penting jika Anda ingin menjadi pelaut dari lowker pelaut.

Sistem pemadaman

  1. System semi otomatis

Selain alat tersebut, alat untuk memadamkan api juga dibagi menjadi dua jenis berdasarkan sistem kerjanya. Pertama ada yang menggunakan sistem semi otomatis. Namun tidak semua sistemnya akan berjalan dengan otomatis. Jadi hanya sebagian peralatannya saja. Sedangkan untuk jenis peralatan yang lainnya perlu menggunakan atau dibantu oleh manusia.

2. System otomatis

System selanjutnya yang digunakan untuk mendeteksi kebakaran kapal adalah dengan sistem otomatis. Ketika ada api yang menyala, maka alat ini akan langsung membunyikan alarm. Selain itu alat pemadam yang lainnya juga akan otomatis bekerja.

Adanya peralatan pemadam kebakaran yang bekerja dengan system langsung, akan lebih mengurangi risiko bahaya lainnya. Adanya kebakaran juga lebih bisa ditangani dengan lebih cepat. Penggunaan pemadam dengan sistem ini akan memungkinkan tenaga manusia hanya dibutuhkan untuk menjaga kemungkinan lainnya.

Penggunaan alat pemadam di atas kapal sangatlah penting. Hal ini dikarenakan di atas kapal juga bisa terjadi kebakaran kapal. Penyebabnya sendiri bervariasi sehingga terkadang dibutuhkan beberapa jenis alat pendeteksi dan pemadam yang canggih. Dengan begitu hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here