Yang Harus Dilakukan Saat Proses Penyelamatan Kapal Tenggelam

0
507
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Salah satu kecelakaan kapal yang sering terjadi adalah penyelamatan kapal tenggelam. Namun tentu saja jika terjadi ada beberapa cara penyelamatan yang mendukung. Anda bisa menggunakan hal ini untuk menyelamatkan diri dan bisa bertahan dalam kondisi kapal yang tenggelam.

Yang Harus Dilakukan Saat Proses Penyelamatan Kapal Tenggelam

  1. Redakan hipotermia

Biasanya yang terjadi ketika sebuah kapal tenggelam adalah terjadinya hipotermia dalam diri seseorang. Penyakit ini menyerang tubuh seseorang karena suhu dingin yang terlalu tinggi. Suhu tubuh yang rendah membuat seseorang tidak bisa merasakan apa pun. Risiko terbesarnya adalah kehilangan nyawa atau meninggal dunia.

Cara yang bisa dilakukan pada kondisi darurat ini adalah dengan tetap menggunakan pakaian walau basah. Selanjutnya bisa berpelukan atau tetap mengerumun agar tetap dalam kondisi hangat. Lakukan juga perekatan lutut menuju dada untuk membuat tubuh tetap hangat.

  1. Jauhi kapal

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk cara selamat dari kapal tenggelam adalah dengan menjauhi kapal. Perlu Anda pahami ketika kapal mengalami kerusakan dan tenggelam kapal cenderung masuk ke dalam. Jadi untuk menyelamatkan diri lebih baik menjauhi tempat kapalnya.

Cara bertahan ketika kapal tenggelam adalah tetap menggunakan pelampung dan stabilkan diri agar selalu mengapung. Jika tidak bisa berenang usahakan untuk selalu tenang dan tetap berjalan. Panik hanya akan membuat suasana menjadi keruh. Berenanglah dengan gaya dada agar nafas selalu stabil.

  1. Lompat jauh dari kapal

Meskipun menakutkan Anda memang harus melakukan lompatan dari kapal agar tidak ikut tenggelam. Dalam hal ini tetap gunakan semua baju dan juga sepatu untuk memberikan kestabilan dan kehangatan. Hindari kerumunan dan pastikan tidak ada orang di bawah.

Jatuhlah dengan menyilangkan kaki dan jangan panik hal ini meredam proses tenggelam. Lakukan pelompatan dengan jarak yang jauh agar maksimal. Lakukan pose menutup hidung agar air laut tidak banyak masuk ke pernafasan. Letakkan satu tangan di arah perut dengan menggenggam siku lainnya.

  1. Temukan pelampung

Mengetahui tanda kapal akan tenggelam maka jangan panik, hal pertama yang bisa dilakukan untuk lowker pelaut adalah mencari pelampung. Biasanya dalam sebuah kapal terdapat banyak pelampung untuk mencukupi semua muatan yang ada di dalam kapal. Carilah pelampung untuk bertahan dan mengapung dalam air.

Namun jika kondisi tidak memungkinkan maka carilah benda apa pun yang sekiranya bisa mengapung dalam air. Gunakan benda tersebut untuk bertahan dalam air sampai mendapatkan pertolongan. Jangan banyak bergerak dan selalu tenang di dalam air.

Hal-hal penting seperti penyelamatan kapal tenggelam memang harus dilakukan dengan maksimal. Tujuannya untuk menyelamatkan nyawa dan antisipasi dini ketika mengalami masalah dengan kapal yang tenggelam. Sehingga semakin banyak nyawa yang diselamatkan dalam hal ini yang tentunya menjadi prioritas utama.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here