4 Rahasia Berlayar Pelaut Tak Terhalang Cuaca

0
398
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Berlayar merupakan kegiatan yang menyenangkan apalagi jika Anda suka lautan dan bermimpi untuk menjadi pelaut yang handal. Sebelum terjun langsung ke lapangan, alangkah baiknya jika Anda belajar rahasia berlayar pelaut terutama saat menghadapi cuaca yang buruk.

Apalagi jumlah kapal karam akibat cuaca buruk cukup banyak. Tentunya, Anda tidak ingin mengalami kecelakaan kapal yang sama seperti kapal-kapal pendahulu.

Inilah rahasia berlayar pelaut yang tak terhalang cuaca

  1. Memperhatikan Grafik Ramalan Cuaca

Berlayar memang penting apalagi jika tanggung jawab yang Anda emban tidak bisa disepelekan begitu saja. Supaya pelayaran hari ini berjalan dengan lancar cobalah untuk membaca grafik ramalan cuaca secara seksama.

Ramalan cuaca akan membantu Anda memprediksi cuaca detik ini atau pun pada masa mendatang. Prediksi cuaca memang tidak selamanya benar tapi setidaknya mendekati kebenaran.

2. Catat Kemungkinan Posisi Terjadinya Badai

Badai merupakan salah satu cuaca paling ekstrem yang paling pelaut hindari saat melakukan pelayaran. Badai yang terlalu besar dapat membahayakan kapal berikut orang-orang yang berada di dalamnya.

Alangkah baiknya untuk mencatat titik area kemungkinan badai pada lautan. Jika lautan A menunjukkan titik badai maka hindari berlayar pada area tersebut. Anda bisa memutar arah ke lokasi lain yang jauh lebih aman. Menariknya, trik dan rahasia berlayar pelaut ini juga tetap perusahaan kapal besar aplikasikan bukan hanya kapal kecil.

3. Lengkapi Kapal dengan Alat Keamanan Terlengkap

Supaya seluruh kru kapal selamat tidak kurang suatu apa pun, Anda bisa membekali kapal dengan alat keamanan terlengkap. Sediakan alat keamanan yang bisa pelaut gunakan secara pribadi maupun berkelompok. Informasi mengenai alat keamanan berlayar bisa Anda temukan dari berbagai sumber baik cetak maupun online.

Adanya alat keamanan ini dapat membantu pelaut bertahan hidup ketika terjadi benturan yang membuat kapal karam. Contoh alat keamanan adalah pelampung hingga tabung oksigen. Jumlah peralatan keamanan yang tersedia harus sesuai atau lebih dari jumlah kru yang bertugas.

4. Tahu Kapan Waktu Menggulung/ Mengibarkan Layar

Rahasia berlayar ala pelaut selanjutnya adalah mengetahui kapan momen terbaik untuk menggulung atau mengibarkan layar. Pengetahuan ini mungkin terkesan sepele tapi sangat membantu untuk menjaga kestabilan kapal terutama dari hantaman ombak yang tinggi.

Pihak pertama yang bertanggung jawab untuk memberikan tugas menggulung atau mengibarkan layar biasanya kapten atau pengemudi kapal. Mereka memiliki pengalaman lebih dari cukup untuk membaca situasi. Berbeda dengan pelaut pemula yang masih harus belajar banyak hal seputar pelayaran.

Menjadi pelaut bukanlah pekerjaan sepele yang mengandalkan fisik saja. Seorang pelaut yang handal juga harus memiliki kecerdasan dan kemampuan untuk berpikir cepat. Tanpa kedua kemampuan tersebut sulit bagi pelaut untuk bertahan hidup lama saat berlayar. Anda juga bisa belajar rahasia berlayar pelaut lainnya terutama untuk menghadapi cuaca ekstrem.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here